Pelatih Perahu Naga Beberkan Rahasianya Mampu Kalahkan Tuan Rumah di Asian Games

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 06 Oktober 2023
Pelatih Perahu Naga Beberkan Rahasianya Mampu Kalahkan Tuan Rumah di Asian Games
Timnas dayung disiplin dragon boat putra. (Foto: NOC Indonesia)

MerahPutih.com - Tim Indonesia kembali menambah perolehan medali emas di Asian Games 2022 Hangzhou, China.

Medali emas ketujuh datang dari cabang olahraga dayung disiplin dragon boat putra. Tampil memukau, tim yang berisi 12 pedayung ini mampu mencatatkan waktu 4 menit 31,135 detik sekaligus memastikan sebagai yang tercepat di nomor 1000 meter.

Baca Juga:

Asian Games 2022: Perahu Naga Sumbang Emas untuk Indonesia

“Secara umum, semua atlet setiap berlomba memberikan performa yang terbaik. Kemudian perbandingannya dengan prestasi latihan di Jatiluhur dan beberapa uji coba sebelum Asian Games ini, mereka mampu melampaui catatan terbaiknya, rata-rata lebih baik 1 sampai 2 detik,” kata Suryadi, pelatih dragon boat Tim Indonesia, Jumat (6/10).

Bertempat di Wenzhou Dragon Boat Centre, Zubakri dkk mengalahkan pedayung tuan rumah China yang mencatatkan watu 4 menit 31,182 detik atau selisih 0,047 detik. Medali perunggu direbut Myanmar dengan selisih waktu 1,824 detik.

“Setiap ketemu dengan China memang selalu close finish, kalahnya tipis cuma 0,0 sekian detik. Ada sejarah sendiri persaingan dengan China ini sangat-sangat ketat hampir di semua nomor, jadi kalau menghadapi China kita harus all out,” imbuhnya.

Suryadi menerangkan, tim pelatih selalu menyutikkan motivasi kepada seluruh atlet untuk berjuang memberikan yang terbaik buat bangsa dan negara. Pesannya kepada para atlet hanya satu, yakni jangan sampai catatan waktu yang didapatkan di Asian Games 2022 berada di bawah catatan waktu latihan.

“Saya juga bilang, jangan lupa rakyat Indonesia menunggu semua hasil apapun yang kita dapatkan dan pasti mengharapkan yang terbaik,” ungkap Suryadi.

Di sisi lain, untuk nomor 1000 meter putri, Ayuning Tika Vihari dkk mampu menjadi yang tercepat kedua dengan catatan waktu 4 menit 55,385 detik atau selisih 3,937 detik dari China yang meraih emas. Posisi ketiga direbut Korea Selatan dengan selisih 4,220 detik dari China.

Baca Juga:

NOC Indonesia Puji Perjuangan Tim Sepak Takraw di Asian Games 2022

Tim Indonesia dragon boat sebetulnya menargetkan dua medali emas dari Asian Games 2022 Hangzhou. Hasil akhir menyebut, dragon boat sudah menyumbangkan satu medali emas, empat perak dan satu perunggu di Asian Games 2022.

Di sisi lain, Suryadi menyebut ada peningkatan prestasi yang didapat di Asian Games dibandingkan ketika Indonesia menjadi tuan rumah di 2018 lalu. Lima tahun lalu, dragon boat hanya meraih dua perak dan dua perunggu.

“Terima kasih untuk semua suport dan dukungannya. Tentu kami akan terus berjuang untuk mendapatkan prestasi terbaik, supaya olahraga dragon boat ini bisa naik kasta dan bisa lebih populer lagi di kalangan masyarakat Indonesia,” sebut Suryadi.

Sementara itu, Manager Tim Indonesia dragon boat, Budiman Setiawan mengatakan cukup puas dengan hasil yang diraih di Asian Games 2022 Hangzhou. Meskipun seharusnya satu emas lainnya bisa diperoleh dari nomor 200 meter putri.

“Ya, kita sportif saja, kalau curang nanti mereka kena sendiri. Kami cukup puas karena dari enam nomor yang diikuti, semuanya dapat medali. Tapi memang harus lebih ditingkatkan lagi, jangan berhenti latihan dan pelatnasnya harus lanjut terus,” ucap Budiman.

Tambahan satu emas dan satu perak ini membuat posisi Tim Indonesia sementara berada di urutan ke-13 dengan perolehan 7 medali emas, 11 perak dan 17 perunggu. (Knu)

Baca Juga:

Jokowi Sebut Pergantian Panglima TNI dalam Proses

#Asian Games Hangzhou #Asian Games
Bagikan
Bagikan