Pelatih Fiji Puji Luis Milla dan Timnas Indonesia Tim Fiji menggelar latihan kedua di BSS LFA,Tambun Bekasi. (PSSI/Twitter)

MerahPutih.com - Pelatih timnas Fiji, Christophe Gamel, memberikan pujian kepada timnas Indonesia menjelang pertandingan uji coba yang digelar di Stadion Patriot Chandrabraga, Sabtu (2/9) petang.

Gamel mengungkapkan bahwa skuat Garuda merupakan tim yang bagus, apalagi dengan kedatangan Luis Milla sebagai pelatih kepala. Ia Milla merupakan sosok yang baik.

"Saya memilih Indonesia sebagai lawan karena mengetahui bahwa tim ini sangat bagus. Pelatih negara Anda (Luis Milla) juga sangat bagus. Dia suka memainkan possesion football dan sangat mengandalkan taktik penguasaan bola serta skill individu pemain," beber Gamel dikutip laman resmi PSSI.

Namun, arsitek asal Prancis tersebut mengaku jika tidak terlalu banyak mengetahui soal timnas Indonesia. Sebab menurutnya, setiap pertandingan pasti pelatih punya taktik yang berubah-ubah

"Indonesia akan sangat berbahaya dan agresif apabila mendapatkan bola, mereka langsung melakukan pressing lalu memberikan umpan direct ke jantung pertahanan lawan," sambungnya.

Sementara itu, Gamel menyoroti suporter Indonesia memberikan dukungan dan tentunya tekanan kepada tim lawan di stadion. Itu juga yang mau dia lihat dari para pemainnya, bagaimana mental mereka dalam menghadapi hal itu. Tidak ketinggalan, dia turut membandingkan sepak bola di Fiji dan Indonesia.

"Saya tahu di negara Anda sepak bola merupakan olah raga terpopuler, jadi saya tahu juga kalau pendukung timnas Indonesia itu seperti apa ketika mendukung timnya. Tentu saya ingin para pemain saya bisa belajar bagaimana mengatasi tekanan yang datang dari suporter tim Anda. Apalagi saat ini kami datang sebagai tamu," ujarnya.

"Di Fiji, sepak bola bukanlah olah raga terpopuler. Di sana, orang lebih senang bermain rugbi atau kriket. Jadi saya datang ke Fiji punya misi untuk mengangkat sepak bola di sana dan menjadikan pemain amatir mereka menjadi profesional" jelas Gamel.

"Ini bedanya, Anda mungkin akan sangat sulit memilih pemain, karena banyaknya pulau di Indonesia dan bertaburnya calon pemain sepak bola. Tetapi di Fiji, kami kesulitan mencari pemain sepak bola, karena memang orang-orang disana lebih senang menjadi pemain rugbi," pungkasnya.

Pertandingan persahabatan antara kedua tim ini merupakan pertemuan yang ketiga kalinya. Pada pertemuan pertama yang digelar di Suva pada 31 Mei 1981, Indonesia mampu menahan imbang Fiji dengan skor 0-0. Sedangkan pada pertemuan kedua di Stadion Senayan pada 10 Agustus 1981, Indonesia bermain imbang dengan Fiji dengan skor 3-3.

Skuat Fiji

Kiper: Simione Moci Tamanisau, Tevita Kalisito Cakau Koroi

Belakang: Epeli Leiroti, Laisenia Raura Naioko, Josefata Vunisina Neibuli, Dave Radrigai, Kavaia Rawaqa, Kolinio Vakarauvanua Sivoki, WaisakeTabucava, Remueru

Tengah: Madhwan Aklesh Gounder, Junior Narendra Rao, Epeli Saukuru, Amani Makoe Valebalavu, Ratu Tevita Waranaivalu, Shravan Sharma, Christopher Wasasala, Jonetani Nalulu Buksh

Depan: Misaele Umeni Draunibaka, Setareki Waqanitoga Hughes, Iosefo Verevou, Roy Krishna.



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH