Pelapor Greenpeace Cabut Aduan, Polisi Hentikan Penyelidikan

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 15 November 2021
Pelapor Greenpeace Cabut Aduan, Polisi Hentikan Penyelidikan
Ilustrasi Gedung Polda Metro Jaya. Foto: Antara

MerahPutih.com - Laporan dugaan pelanggaraan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) terhadap dua aktivis Greenpeace Indonesia, Leonard Simanjuntak dan Kiki Taufik soal deforestasi di KTT COP26 dicabut.

Sebelumnya, Ketua Cyber Indonesia Husin Shahab melaporkan Leonard dan Kiki ke Polda Metro Jaya karena mengkritisi pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait deforestasi. Menurut Husin, apa yang disampaikan kedua aktivis lingkungan hidup itu tidak benar.

Baca Juga

Ketua DPD Minta Kebakaran Kilang Minyak di Cilacap Diinvestigasi

"Baru saja saya terima dari pelapor dan setelah diskusi akhirnya laporan polisi yang telah dibuat kemudian dicabut," terang Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Tubagus Ade Hidayat kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin (15/11).

Tubagus menjelaskan, alasan utama dibalik pencabutan laporan tersebut karena khawatir kasus tersebut dipolitisir.

"Beliau tidak ingin ini dipolitisir dan dianggap sebagai bentuk pemerintah anti kritik. Kemudian karena ini sudah dicabut maka penyelidikannya juga dihentikan," jelasnya.

Memperingati Hari Pahlawan Nasional, Greenpeace Indonesia melakukan aksi damai dengan membawa patung es yang meleleh di atas peta Indonesia di Jakarta. © Jurnasyanto Sukarno / Greenpeace
Memperingati Hari Pahlawan Nasional, Greenpeace Indonesia melakukan aksi damai dengan membawa patung es yang meleleh di atas peta Indonesia di Jakarta. Foto: Jurnasyanto Sukarno / Greenpeace

Tubagus juga menegaskan bahwa dengan dicabutnya laporan tersebut, maka penyelidikan kasus dinyatakan berakhir. "Kalau memang sudah dicabut ya maka penyelidikan juga dihentikan," jelas mantan Kapolres Jakarta Selatan ini.

Husin Shahab mengungkapkan laporan dirinya terhadap Greenpeace Indonesia dinilai sebagai antrikritik. Husin pun menantang Greenpeace Indonesia adu data.

"Nggak ada (intervensi). Laporan itu dicabut, karena saya dianggap antikritik oleh kawan-kawan Greenpeace, makanya saya minta kalau nggak mau dilaporkan ayo kita adu data dan argumentasi," kata Husin.

Husin menilai Greenpeace salah dalam menyampaikan informasi soal deforestasi tersebut. "Saya ajak Greenpeace untuk adu data dan adu argumentasi soal deforestasi," katanya. (Knu)

Baca Juga

Presiden Jokowi Hadiahkan Tas Noken Papua ke Menlu Selandia Baru

#Polda Metro Jaya #Greenpeace Indonesia
Bagikan
Bagikan