Pelangi 9 Jam di Taiwan, Terlama di Dunia Pleangi terlama di Taipei, Taiwan. (Foto: dailymail)

PELANGI adalah fenoma yang ada setelah hujan turun, itupun akan segera menghilang. Namun di Taiwan ada pelangi yang menghiasi langit selama 9 jam pada akhir November lalu. Sebelumnya di tahun 1994, pernah terjadi fenomena yang sama di Sheffield, Inggris selama enam jam.

Pelangi terlama itu muncul sekitar pukul tujuh pagi sampai pukul empat sore. Dengan demikian memecahkan rekor yang sudah ada sejak 23 tahun yang lalu.

Professor Kun-Hsuan Chou dari Department of Atmospheric Science of Chinese Culture University di Taipei, menyatakan bahwa pelangi di Taiwan itu sebagai pelangi terlama dan terpanjang yang pernah ada. Pelangi itu memiliki durasi lama karena pengaruh monsoon di utara Taiwan, demikian laman Dailymail menyebutkan.

Bagusnya lagi pelangi itu muncul di dekat kampus universitas tersebut. Memudahkan para pakar untuk mengobservasinya.

Chou menegaskan bahwa dalam durasi itu muncul empat pelangi di langit, termasuk pelangi utama dan dan pelangi sekunder. Profesor itu mengatakan bahwa pelangi itu terjadi karena refleksi air hujan di wilayah tersebut. Kemudian kecepatan angin monsoon sangat lambat sekitar 2,5-5 detik yang mempengaruhi lamanya pelangi di langit.

Rencananya Profesor Chou akan membawa informasi ini ke Guinnness World Records. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH