Pelancong yang Menginap Di Hostel Wajib Mengetahui Hal ini Harga menginap di hostel lebih bersahabat (Foto: Pixabay/Hans)

HOSTEL atau penginapan berkonsep asrama mungkin masih agak asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, bagi pelancong sejati terutama backpacker tentu tahu benar apa itu hostel. Ya, hostel merupakan pilihan tempat menginap bagi pelancong yang ingin menekan bujet seminim mungkin.

Jenis kamarnya pun biasanya terbagi menjadi tiga pilihan. Yaitu Male dorm, female dorm, dan mix dorm. Untuk mix dorm sendiri kamar tersebut dapat ditempati oleh pria maupun perempuan. Sehingga kamu bisa memilih ingin bermalam dengan kamar homogen atau heterogen.

Selain itu, untuk biaya menginap di hostel tidak dibayarkan per kamar tapi per kasur. Satu kasur untuk satu orang. Sehingga jika kamu memang menginap berdua kamu harus membayar dua kasur. Harga per kasurnya tentu lebih bersahabat dibandingkan menginap di hotel maupun motel.

Namun, ada beberapa aturan yang harus kamu ketahui jika memilih bermalam di hostel. Peraturan tersebut memang tidak tertulis, tapi kamu harus peka dengan keadaan sekitar. Ya, benar sekali masalahnya kamu akan berbagi ruangan dengan pelancong-pelancong lain di hostel. Menurut laman NDTV, ini tiga hal yang harus kamu ketahui ketika bermalam di hostel.

Jaga kebersihan

Jaga kebersihan demi kenyamanan kamu dan orang lain (Foto: Pixabay/gery)

Jangan merusak suasana. Kamu harus mau menjaga kebersihan di hostel. Ingat, bukan hanya karena kamu berbagi ruangan dengan orang lain. Hostel tidak menyediakan layanan kebersihan kamar. Jadi mau tidak mau satu-satunya petugas kebersihan adalah diri kamu sendiri dan juga teman kamu. Selain menjaga ruangan umum jangan lupa utamakan kebersihan area dapur dan kamar mandi. Kedua area tersebut tentu saja akan sering kamu gunakan. Semuanya demi kenyamanan diri kamu sendiri juga kok.

Jangan berisik

Jangan membuat kegaduhan (Foto: Pexels/Negative Space)

Kamu tidak bisa bergadang sambil seenaknya berbicara dengan nada keras bersama teman kamu saat tengah malam. Hostel memiliki jam-jam tenang terutama saat waktu malam. Hormati keberadaan pelancong lain di sekitar kamu. Jangan berbicara keras walaupun kamu sedang menerima telefon. Jika masih ingin berkomunikasi sebaiknya lakukan di luar hostel. Perlu diingat juga untuk selalu aktifkan mode senyap ponsel kamu selama berada di asrama agar tidak menggaggu pelancong lain.

Beri ruang untuk pelancong lain

Jaga kebersamaan tapi tahu diri (Foto: Pixabay/5688709)

Kamu boleh berkenalan dengan pelancong lain, tapi jangan sampai kamu menginvasi ruang tidur mereka. Selain itu berpakaianlah dengan sopan saat berada di hostel. Apalagi jika kamu memilih mix room. Jangan lupa juga untuk selalu meminta izin kepada pelancong lain jika kamu ingin meminjam barang mereka. Pelancong yang menginap di hostel akan selalu menjunjung tinggi nilai kebersamaan, tapi kamu juga harus tahu diri ya. Hormati batasan-batasannya.

Nah, sudah siap melancong dan bermalam di hostel sahabat Merah Putih? (ikh)

Baca juga: Vegetarian Tetap Bisa Wisata Kuliner Saat Melancong dengan Cara Ini

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH