Pelajaran Bagi Indonesia Dari Pemilihan Presiden Amerika Serikat

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 10 November 2016
Pelajaran Bagi Indonesia Dari Pemilihan Presiden Amerika Serikat
Presiden terilih Amerika Serikat, Donald Trump (Foto:@realdonaldtrump)

MerahPutih - Internasional Rakyat Amerika Serikat telah memilih. Donald Trump akhirnya jadi pemenang, menduduki kursi tertinggi pemerintahan negara adi daya itu. Ada satu pelajaran berharga yang bisa kita petik dari pemilihan presiden Amerika Serikat. Yakni, sikap kenegarawan para kandidat.

Meski dalam masa kampanye para kandidat presiden dari kedua kubu saling menyerang dengan keras, begitu usai pemilihan kedua kubu pihak bersedia menerima hasilnya secara sportif.

Mantan capres Partai Demokrat Hillary Clinton langsung menelpon Trump dan menyampaikan ucapan selamat. Selanjutnya, kepada para simpatisan dan pemilihnya Hillary mengajak untuk mendukung penuh pemerintahan Trump.

"Kita harus menerima hasil ini, kemudian menatap masa depan. Donald Trump akan menjadi presiden kita. Kita berutang padanya sebuah pikiran terbuka dan kesempatan untuk memimpin,"ungkapnya.

Demikian pula Presiden Barrack Obama menyampaikan ucapan selamat kepada Trump dan mengundangnya ke Gudung Putih untuk membicarakan masa transisi pemerintahan.

Sebaliknya, presiden terpilih Donald Trump memuji mantan pesaingnya, Hillary Clinton. "Hillary telah bekerja sangat keras selama masa yang panjang dan kita berhutang budi atas pengabdiannya untuk bangsa ini. Kini tiba waktunya Amerika untuk membalut luka akibat perpecahan," ungkapnya sebagaimana dikutip bbc.com.

Manajer kampanye Trump, Kellyanne Conway, menjelaskan, presiden terpilih sudah mengadakan 'pembicaraan hangat' dengan Hillary Clinton dan 'percakapan hangat' dengan Presiden Barack Obama.

Donald Trump juga merangkul seluruh warga Amerika Serikat untuk bersatu. "Saya berikrar kepada setiap warga dari tanah air kita bahwa saya akan menjadi presiden bagi setiap orang Amerika Dan itu sangat penting bagi saya," tegasnya. (mw)

 

BACA JUGA:

1. Pemerintah Tak Khawatirkan Kemenangan Donald Trump

2. BREAKING NEWS: Donald Trump Terpilih Sebagai Presiden AS

3. Inilah Kunci Donald Trump Menangi Pilpres Amerika

4. Ini Reaksi Pasar Atas Kemenangan Donald Trump

5. Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Kepada Donald Trump

#Barack Obama #Hillary Clinton #Donald Trump #Calon Presiden AS
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan