Pelajar Sambut Tamu KTT ASEAN Jangan Sampai Timbulkan Kecemburuan Antar-Sekolah

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 26 Mei 2023
Pelajar Sambut Tamu KTT ASEAN Jangan Sampai Timbulkan Kecemburuan Antar-Sekolah
Ilustrasi - Sekjen ASEAN Kao Kim Hourn menyampaikan pengarahan tentang hasil KTT ke-42 ASEAN kepada perwakilan negara asing dalam pertemuan di Jakarta, Senin (15/5/2023). (ANTARA/HO-ASEAN Secretariat)

MerahPutih.com - Ada berbagai wacana kebijakan yang bakal diberlakukan Penjabat (Pj) Heru Budi Hartono dalam menghadapi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta. Salah satunya Pemprov DKI akan melibatkan anak sekolah untuk menyambut tamu negara KTT ASEAN.

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah mengatakan, dirinya tak mempersoalkan wacana Pj Heru pengerahan siswa sekolah untuk menyambut tamu KTT ASEAN. Hanya saja ia berpesan, pengerahan pelajar mestinya tidak semua, cukup perwakilan dari tiap sekolah.

"Kalau semuanya. Mungkin bisa perwakilan saja dari para sekolah itu. Misal satu SMA itu, satu sekolah, minimal mengirimkan lima orang," kata Trubus saat dikonfirmasi, Jumat (26/5).

Baca Juga:

Wacana Pj Heru Berlakukan WFH ketika KTT ASEAN Tidak Tepat

Maka menurut dia, sebaiknya tidak semua pelajar di DKI Jakarta diterjunkan untuk menerima para delegasi KTT ASEAN 2023.

"Ya tidak usah. Kan di Jakarta banyak sekolah. Kalau seluruh kampus gimana?" terangnya.

Ia pun menyarankan, alangkah baiknya hanya pelajar sekolah negeri yang diikutsertakan dalam menyambut tamu KTT ASEAN. Hal tersebut untuk menghindari ketersinggungan antarsekolah.

"Apa tidak menimbulkan ketersinggungan kalau misal sekolah ini diajak, lalu sekolah lain tidak? Ya kalau mau itu sekolah yang di bawah Pemprov DKI saja," ujarnya.

Baca Juga:

KTT ASEAN Labuan Bajo Dinilai Berikan Citra Positif Pariwisata Indonesia

Seperti diketahui, Penjabat (Pj) Gubernu Heru Budi Hartono berencana mengerahkan pelajar untuk menyambut tamu negara saat penyelenggaraan KTT ASEAN 2023.

"Ada rencana mengerahkan anak-anak sekolah untuk memeriahkan acara dan menyambut kedatangan para delegasi di Jakarta," kata Heru, yang dikutip Rabu (24/5). (Asp)

Baca Juga:

Manusia Silver dan Badut Bakal Ditertibkan Saat Pertemuan KTT ASEAN Jakarta

#KTT ASEAN
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan