Pelabuhan Ciwandan Jadi Alternatif Angkutan Mudik

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 07 Maret 2023
Pelabuhan Ciwandan Jadi Alternatif Angkutan Mudik
Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi (kanan) meninjau Pelabuhan Ciwandan, Banten, Senin (6/3/2023). ANTARA/HO-Korlantas Polri.

MerahPutih.com - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Santyabudi melakukan survei jalur mudik di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan, Banten. Peninjauan itu, dalam rangka kesiapan Operasi Ketupat 2023.

Ia mengatakan Pelabuhan Ciwandan di Banten menjadi alternatif penyeberangan angkutan lebaran 2023.

"Pelabuhan Ciwandan akan membuat daya tampung perjalanan dari Banten ke Sumatera akan meningkat dari sebelumnya," katanya.

Pelabuhan Ciwandan nantinya akan ikut membantu mengurangi beban penumpukan pemudik yang hendak berangkat ke Sumatera. Sehingga tidak menumpuk di Pelabuhan Merak.

Kakorlantas juga meninjau kesiapan jalur mudik dan rest area yang berada di wilayah hukum Polda Banten.

"Semaksimal mungkin personel bekerjasama dengan instansi terkait untuk meminimalisir penumpukan kendaraan di dalam rest area, agar tidak menimbulkan kemacetan di jalan tol, efek dari penumpukan kendaraan di rest area," jelasnya.

Firman berharap, dengan adanya peninjauan kesiapan jalur mudik ini, masyarakat Banten yang nantinya akan mudik bisa melakukan perjalanannya dengan aman dan selamat sampai tujuan.

"Saya harap dengan adanya peninjauan ini, Polri beserta instansi terkait dapat memberikan pelayanan serta dapat menyediakan fasilitas-fasilitas dengan maksimal sehingga masyarakat dapat melaksanakan mudik dengan nyaman dan aman," kata.

Rombongan telah meninjau rest area 43 A arah Merak, rest area 68 A arah Merak, kemudian survei di Pelabuhan Pelindo II Ciwandan, lalu mengecek jalur di KM 97 arah Merak.

#Pelabuhan #Lebaran
Bagikan
Bagikan