Pekerja Trans Papua yang Kabur ke Hutan Berhasil Dievakuasi Pasukan TNI Jenazah korban pembunuhan di Papua tiba di hanggar bandara Mozes Kilangin Timika (tribratanews.papua.polri.go.id)

MerahPutih.Com - Sejumlah pekerja trans Papua yang kabur ke hutan saat diserbu kelompok kriminal bersenjata (KKB) beberapa waktu lalu, kini sudah dievakuasi pasukan TNI.

Sebanyak enam orang pekerja berhasil dievakuasi anggota TNI di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, setelah selama delapan hari terjebak di kawasan hutan belantara guna menghindari kejaran KKB Papua.

Enam pekerja yang merupakan Karyawan PT Joy Karya dan Pekerja Balai Desa di Yigi ini dilaporkan nekat tinggal di hutan selama delapan hari demi luput dari maut. Proses evakuasi dari Nduga ke Jayawijaya dilakukan dengan menggunakan helikopter milik TNI yang mendarat di Lapangan Yonif 756 Wimane Sili.

Danrem 172/PWY Kolonel Inf Jonathan B Panjaitan di Yonif 756 Wimane Sili, mengatakan pekerja yang berasal dari luar Papua masih bisa luput dari tembakan KKB karena dibantu oleh warga lokal.

Ilustrasi pasukan TNI
Ilustrasi Pasukan TNI (ANTARA FOTO)

"Puji Tuhan, ada masyarakat yang membantu mereka, menyiapkan honai (rumah tradisional) buat mereka di gunung, untuk mereka bisa berteduh di sana," kata Kol Inf Jonathan Panjaitan di Wimane, Sili, Kamis (13/12).

Masyarakat juga memberikan beras kepada enam orang pekerja, sebelum mereka dievakuasi ke Jayawijaya.

"Kebetulan saat anggota kita patroli, ada yang ketemu dan akhirnya mereka (pekerja) berlindung di pos kita di Yigi. Harusnya kemarin lusa kita evakuasi, tetapi karena cuaca dan masih ada gangguan akhirnya hari ini baru dilakukan," katanya seperti dilansir Antara.

Padahal oleh pihak keluarga, enam orang itu disangka sudah meninggal tertembak KKB, karena bekerja di daerah yang tidak jauh dari lokasi pembantaian belasan pekerja jembatan beberapa waktu lalu.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Sempat Ditutup, Garuda Indonesia Kembali Buka Rute Penerbangan Jakarta-London



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH