Pekerja Kantoran, Lakukan 7 Hal ini untuk Hidup Sehat

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 05 Maret 2018
Pekerja Kantoran, Lakukan 7 Hal ini untuk Hidup Sehat
Ilustrasi. (pixabay)

PEKERJA kantoran terkenal punya kesibukan yang padat. Alasan itu sering digunakan untuk mengesampingkan gaya hidup sehat. Padahal, untuk menjalani gaya hidup sehat tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Asal ada kemauan maka gaya hidup sehat tidak lagi impian.

Berikut beberapa pedoman sehat bagi pekerja kantoran yang bisa ditiru, seperti dilansir Go-Dok.

1. Sarapan

Sebagai langkah utama, jangan lupa sarapan. Dengan membiasakan diri untuk sarapan di pagi hari, kebutuhan energi tubuh akan terpenuhi hingga siang hari dan yang paling penting Anda akan terhindar dari keinginan untuk mencamil di antara waktu tersebut!


2. Kurangi makanan manis

Walaupun nikmat, makanan yang mengandung gula nyatanya sangat susah untuk dicerna lo! Demi alasan kesehatan, segeralah ganti asupan Anda dengan makanan yang lebih sehat seperti keju, kacang, buah-buahan, dan wortel. Selain itu, jika Anda tipe yang sulit untuk tidak tidur siang, cokelat hitam atau dark chocolate dapat Anda konsumsi untuk menghilangkan rasa kantuk.


3. Bawa bekal sendiri

Makanan yang Anda makan di luar seperti dari restoran datang dengan porsi yang besar dan kalori yang tinggi. Agar lebih sehat, tidak ada salahnya untuk membawa sendiri bekal dengan komposisi seimbang.


4. Hindari soda dan minuman yang mengandung gula

Hindari konsumsi soda dan minuman yang mengandung gula. Walaupun kebanyakan orang berpendapat mengonsumsi minuman bersoda dapat membuat Anda bebas dari rasa kantuk, ingatlah akan dampak negatif yang akan ditimbulkan bagi tubuh! Kalori yang terkandung di dalam minuman soda hanya berupa gula yang akan menyebabkan Anda bertambah ngantuk. Apabila Anda membutuhkan kafein, teh hijau dapat menjadi pilihan alternatif yang lebih baik.


5. Perbanyaklah meminum air putih

Mengonsumsi air putih, sangat bermanfaat untuk tubuh, terutama untuk pikiran Anda agar terhindar dari minuman berbahaya seperti soda, kopi bahkan camilan yang diidamkan. Selain itu, karena penyebab utama rasa kantuk ialah dehidrasi, jagalah hidrasi tubuh Anda dengan meminum banyak air putih. Anda juga dapat menambahkan potongan jeruk lemon atau ketimun ke dalam air putih untuk penambah rasa!


6. Bergeraklah sebanyak mungkin

Berjalanlah di sekitar kantor dan usahakanlah untuk stretching atau peregangan di setiap jamnya. Tidak perlu melakukan kegiatan yang sulit, misalnya bila Anda terbiasa menggunakan lift atau eskalator, maka gantilah dengan tangga. Lalu, jika ingin mendiskusikan sesuatu hal dengan rekan kerja, cobalah untuk berjalan menemuinya jangan menggunakan telepon.


7. Bersemangat

Buatlah papan inspirasi berisi motivasi gaya hidup sehat yang dapat Anda kemudian gantungkan di dinding depan meja kantor. Dengan begitu, Anda akan selalu teringat untuk menjalani pola hidup sehat setiap hari.

Mudah kan ya? Mulailah hidup sehat dari sekarang.(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan