Pekan Depan Polisi Pasang Kamera e-TLE di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang Kamera pengawas atau 'closed circuit television' (CCTV) terpasang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/1).ANTARA FOTO/Aditya Pradana

Merahputih.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan memasang kamera electronic traffic law enforcement (e-TLE) di Jalan Layang Non Tol Kampung Melayu-Tanah Abang Senin (3/2) pekan depan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf menyebut pemasangan di kawasan tersebut lantaran masih banyak pelanggaran khususnya pengendara sepeda motor yang memasuki jalur tersebut.

Baca Juga:

Ribuan Pengendara Kena Tilang E-TLE, Termasuk Mobil Aparat

“Sementara kita akan lakukan dengan kamera E-TLE portable, dan kita akan pasang mulai senin depan,” kata Yusuf saat dihubungi, Kamis (30/1).

Pemakaian kamera e-TLE portable tersebut hanya bersifat sementara sebelum kamera permanen dipasang. Nantinya, pemakaian kamera portable tersebut akan dilakukan pada jam sibuk seperti pada pagi hari dan sore.

“Kita juga punya hanya satu unit jadi akan kita gilir pemakainnya, bila pada pagi hari dipasang di jalur arah tanah abang maka pada sore kita pasang sebaliknya,” jelasnya.

CCTV di wilayah Jakarta. (Ist)
CCTV di wilayah Jakarta. (Ist)

Polisi akan segera memasang kamera ETLE permanen di kedua arah JLNT tersebut untuk mengurangi jumlah pelanggaran khususnya kendaraan sepeda motor.

“Karena kamera baru sudah siap, maka untuk JLNT kita pakai yang portable dulu tapi untuk kamera baru akan kita anggarkan dipengadaan selanjutnya,” ucapnya.

Baca Juga:

11.290 Pengendara Terekam Kamera E-TLE, Didominasi Tak Kenakan Sabuk Pengaman

Diketahui, wacana penerapan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) terhadap sepeda motor terus dimatangkan. Direncanakan, sistem tilang menggunakan kamera canggih tersebut akan diterapkan pada bulan Februari tahun 2020. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH