Pekalongan Art Festival Akan Tampilkan Tokoh Ikon Kesenian Tari Anoman Obong (pekalongankota.go.id)

BAGI yang berada di Pekalongan di akhir-akhir bulan Juli sebaiknya datang ke Kawasan Budaya Jetayu. Pasalnya, di tanggal 25-29 Juli akan ada kegiatan "Pekalongan Art Festival".

Menariknya di acara ini pihak penyelenggara yakni Dewan Kesenian Kota Pekalongan, Jawa Tengah akan menampilkan calon tokoh ikon kesenian daerah itu.

"Akan tetapi yang patut ditunggu pada kegiatan itu, kami akan memunculkan tokoh yang akan dijadikan ikon kesenian Kota Pekalongan. Jika di Jawa Barat ada Cepot, Tegal ada Lopit maka di Kota Pekalongan akan kami munculkan tokoh kesenian Canus," ucap Ketua Dewan Kesenian Kota Pekalongan, Harsana.

Selain itu , lanjut Harsana, di "Pekalongan Art Festival" akan diisi berbagai penampilan kesenian seperti seni musik, tari, puisi dan kesenian tradisional.

"Tahun ini kegiatan Pekalongan Art Festival sebagai embrio. Akan tetapi ke depan penyelenggaraan kegiatan itu akan tertata lebih baik lagi," katanya.

Ia mengatakan adapun rangkaian kegiatan "Pekalongan Art Festival", antara lain pada hari pertama akan ditampilkan "one day dance", kemudian pada hari kedua "one day music" yang akan diawali dengan workshop, dan hari ketiga workshop penataan artistik khususnya lampu panggung, pentas teater, serta musikalisasi puisi.

"Untuk kegiatan hari ke-empat, akan kami beberapa kesenian tradisional, yang nantinya akan diawali kesenian kuntulan dan reog, serta kesenian simtudhuror yang dipadukan dengan terbang genjring sebagai tanda ditutupnya Pekalongan Art Festival 2017," katanya. (*)

Sember: Antara

Selain artikel ini Anda juga bisa Milan Sladek Kolaborasikan Pantomim, Topeng dan Gamelan


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani