Pejantan yang Melindungi Anak-Anaknya Pejantan-pejantan ini merawat anak-anaknya sejak usia dini. (Foto: Pexels/pixabay)

IBU memang segalanya bagi kehidupan anak-anak. Melalui seorang ibu kehidupan baru lahir ke dunia. Sama seperti di dalam dunia hewan, seekor betina memiliki peranan yang sangat penting bagi garis keturunan. Mengandung benih-benih baru selama beberapa waktu hingga merawat anak-anaknya sampai mereka mandiri. Tetapi jangan melupakan peran pejantan yang sama pentingnya ya. Dalam dunia hewan pun si jantan berperan seperti layaknya seorang ayah yang melindungi keluarganya.

Memperingati hari ayah yang spesial ini, Merahputih merangkum informasi menarik mengenai sosok ayah hebat dalam dunia hewan yang dilansir dari worldwildlife.org. Meskipun selama ini yang kita tahu hanya hewan betina yang merawat anak-anaknya sampai besar, ternyata ada juga hewan jantan yang justru merawat dan melindungi anaknya selama 24 jam penuh. Beberapa jenis di antaranya bahkan turut andil dalam masa kehamilan.

Baca Juga:

Couvade Syndrome, Gejala Menjelang Jadi Ayah

1. Gorila Gunung

hewan jantan gorila gunung
Gorila jantan ikut mebimbing masa kehamilan dan menyapih anak-anaknya. (Foto: Pixabay/GerMai)

Gorila gunung jantan menjadi pemimpin utama kelompoknya. Ada beberapa betina di dalam satu kelompok yang bertugas sebagai penghasil keturunan. Tetapi sang jantan berperan aktif dalam mendukung masa kehamilan betinanya. Mereka juga ikut membantu proses menyapih anak gorila ketika umurnya sudah cukup. Gorila gunung termasuk salah satu jenis hewan yang tidak pernah meninggalkan anak-anaknya sampai mereka dewasa dan akhirnya membentuk kelompok baru.

2. Serigala Arktik

pejantan serigala arktik
Serigala Arktik sangat posesif terhadap pasangan dan anak-anaknya. (Foto: Pixabay/balzekaitegita)

Hidup di Kutub Utara Greendland dan Amerika Utara, Serigala Arktik merupakan satu-satunya spesies serigala berbulu putih. Jumlah mereka tidak masuk dalam daftar hewan yang terancam punah karena habitatnya sangat terisolasi. Pemburu sangat kesulitan menemukan mereka di kawasan liar. Hidup secara berkelompok dengan jumlah 7-8 ekor, hanya jantan dan betina alpha saja yang akan kawin dan menghasilkan keturunan. Tetapi seluruh anggota kelompok tersebut memiliki tugas untuk merawat anak-anaknya. Pejantan alfa atau ayah dari keturunan dalam kelompok tersebut sangat posesif terhadap pasangan dan anak-anaknya. Umumnya mereka hanya memiliki satu pasangan seumur hidup. Sang alfa akan melindungi baik pasangan atau anak-anaknya dari ancaman sampai titik darah penghabisan.

Baca Juga:

Delapan Pelajaran Berharga Yang Harus Diajarkan Ayah Pada Putrinya

3. Penguin

pejantan penguin
Penguin jantan akan puasa demi mengerami telur selama 2 bulan. (Foto: Pixabay/MemoryCatcher)

Sosok ayah paling terkenal dari dunia hewan adalah penguin. Setelah penguin betina bertelur, si jantan lah yang akan mengeraminya selama 2 bulan sampai menetas. Penguin betina akan pergi ke laut untuk mencari makanan. Sementara si jantan sendiri harus berpuasa selama masa mengeram demi melindungi keselamatan telur. Hebat ya?

4. Kuda Laut

hewan kuda laut
Kuda laut jantan akan hamil dan melahirkan. (Foto: Pixabay/arhnue)

Dari semua jenis hewan, kuda laut jantan mungkin hadir sebagai pemenang. Bagaimana tidak? Tugas betina yang notabene adalah sebagai penghasil keturunan diambil alih oleh kuda laut jantan. Mereka lah yang akan hamil dan melahirkan. Tugas si betina hanya mentransfer sel telur ke dalam kantung si jantan yang kemudian akan dibuahi. Mereka juga yang nantinya melindungi keluarganya. (mar)

Baca Juga:

Pentingnya Kedekatan Ayah dan Anak, Berpengaruh Pada Kecerdasan Si Kecil



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH