Pegawai KPK Mulai Bekerja dari Rumah Gedung KPK. (ANTARA/Benardy Ferdiansyah)

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai memberlakukan aturan bekerja dari rumah atau work from home kepada para pegawainya. Keputusan ini diambil KPK sebagai bagian dari upaya mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2020 yang dikeluarkan pimpinan KPK sebagai antisipasi penyebaran virus corona.

Baca Juga:

Koalisi Antikorupsi Minta Dewas Hentikan Pemeriksaan Ketua WP KPK

"Pada prinsipnya pegawai KPK diperbolehkan dengan izin atasannya di unit yang masing-masing, untuk bekerja dari rumah dan tentunya pekerjaan-pekerjaan ini juga kemudian dilaporkan kepada atasannya setiap hari," kata Ali di gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3).

Kebijakan bekerja dari rumah untuk pada pegawai KPK ini akan berjalan selama 14 hari hingga 31 Maret 2020 dan akan dievaluasi lebih lanjut, melihat situasi dan kondisi yang ada nantinya.

Logo KPK. (Antara/Benardy Ferdiansyah)
Logo KPK. (Antara/Benardy Ferdiansyah)

Meski bekerja dari rumah, Ali menyatakan, para pegawai diwajibkan untuk datang ke kantor lembaga antirasuah jika diperlukan.

"Jadi walaupun bekerja dari dari rumah, tapi tetap kemudian ada panggilan penuh untuk ke kantor harus segera datang ke kantor," ujarnya.

Baca Juga:

Rutan KPK Tak Luput dari Penyemprotan Disinfektan

Namun, kata Ali, kebijakan bekerja dari rumah tidak berlaku bagi para pegawai di bidang penindakan. Hal ini lantaran bidang penindakan berhubungan dengan penyelesaian berkas perkara yang memiliki batas waktu sesuai aturan perundang-undangan.

"Sehingga teman-teman di penindakan masih tetap bekerja termasuk pemeriksaan dan permintaan keterangan kepada para saksi dan persidangan di berbagai daerah termasuk di Pengadilan Tipikor di Jakarta Pusat. Namun tentunya tetap memperhatikan standar keamanan dari sisi pencegahan dan antisipasi wabah corona," tutup Ali. (Pon)

Baca Juga:

UU KPK 'Korban' Pertama Libur Sidang MK Gegara Corona


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH