Pegal setelah Olahraga? Atasi dengan Nanas

Dwi AstariniDwi Astarini - Rabu, 15 November 2017
Pegal setelah Olahraga? Atasi dengan Nanas
Ilustrasi. (Foto:pixabay)

ANDA mungkin termasuk orang yang jarang berolahraga atau baru saja memutuskan untuk kembali ke gym setelah lama tak berolahraga. Biasanya, setelah sesi pertama olahraga, Anda mungkin saja merasakan pegal di seluruh tubuh.

Jangan berhenti. Rasa pegal yang timbul pertanda otot dan tubuh Anda bekerja selama sesi olahraga. Sebagai penawar rasa pegal, Anda bisa mengatur asupan makanan setelah berolahraga.


Fitness.com menyarankan Anda untuk tidak makan sembarangan setelah berolahraga. Buah dan sayur ialah pilihan terbaik. Alasannya, buah dan sayur punya gula sederhana yang mudah dicerna sehingga tidak membebani sistem pencernaan Anda. Selain itu, beberapa jenis buah punya efek antiinflamasi untuk meredakan rasa pegal.

Berikut jenis buah yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga.


1. Pisang

Pisang merupakan buah yang paling terkenal baik dimakan setelah olahraga. Setelah berolahraga, tubuh butuh karbohidrat untuk energi. Buah ini terkenal sebagai sumber karbohidrat yang paling baik. Kalorinya rendah sehingga membuat Anda kenyang tanpa menambah berat badan. Dengan begitu, sesi aerobk Anda tidak akan sia-sia.

2. Berry

Segala jenis buah berry mulai dari blueberry, stroberi, hingga blackberry mengandung polifenol yang baik untuk sel tubuh. Polifenol melindungi sel tubuh dari kerusakan. Zat itu juga membantu mengurangi nyeri otot akibat olahraga yang hebat.

Menurut ahli gizi kebugaran, makin gelap buah beri, seperti blueberry atau blackberry, makin banyak pula kandugan antioksidan di dalamnya.

3. Cherry

Tak jarang setelah olahraga, sekujur tubuh terasa sakit. Buah cherry bisa membantu Anda memulihkannya. Buah merah kecil ini memperbaiki jaringan otot yang aus selama berolahraga.

Selain itu, cherry juga memainkan peran penting dalam mengurangi nyeri otot karena punya sifat antiinflamasi.

4. Apel

Jumlah kalori yang rendah dan gizi yang sangat tinggi menjadi alasan apel merupakan buah yang paling bagus dimakan setelah berolahraga.

Sebuah apel berukuran sedang menyumbang 25 gram karbohidrat. Selain itu, apel ukuran standar juga mengandung sekitar 14% asupan vitamin C harian.

Pastikan saja Anda memilih apel organik agar terhindar dari bahaya pestisida.

5. Nanas

Kandungan bromelain yang tinggi pada nanas mempercepat pemulihan otot dan sel yang terkuras karena olahraga. Selain itu, secangkir potongan nanas mengandung sekitar 22 gram karbohidrat yang semuanya merupakan gula sederhana sehingga tubuh akan kembali berenergi setelah olaharaga. Kandungan nanas juga tinggi, mencapai 86% sehingga menghindarkan Anda dari dehidrasi.(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan