Pegadaian Belum Terima Batu Akik Sebagai Jaminan

Luhung SaptoLuhung Sapto - Kamis, 02 Juli 2015
Pegadaian Belum Terima Batu Akik Sebagai Jaminan
Seorang pedagang menunjukkan batu akik miliknya di Pasar Batanghari, Kota Madiun . (Foto Antara)

MerahPutih, Keuangan-PT Pegadaian (Persero) menyatakan belum bisa menerima batu akik untuk dijadikan sebagai salah satu barang yang layak untuk dijadikan sebagai barang jaminan untuk transaksi gadai. Hal ini disampaikan pihak PT Pegadaian seiring demam batu akik di masyarakat, yang nilainya bisa mencapai ratusan juta bahkan sampai miliaran.

Manajer PT Pengadaian (Persero) Pusat Basuki Tri A. mengatakan batu akik tidak memiliki harga standar yang pasti. Saat ini penentuan harga sebuah batu akik hanya berdasarkan taksiran individu bukan mengikuti harga standar. Oleh karena itu batu akik belum bisa dijadikan barang jaminan di pegadaian.

"Standar harga untuk batu akik tidak ada. Ketika orang mengatakan batu akik itu bagus, bisa saja terpukau lalu membelinya. Tapi harga hanya berdasarkan taksiran bukan harga pasar yang berlaku standar," ujar Basuki saat ditemui Merahputih.com di Kantor Pusat PT Pegadaian (Persero) di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis (2/7).

Di samping itu, Pegadaian belum memiliki peralatan dan tenaga ahli untuk menaksir harga sebuah batu akik dan menilai kualitas dari jenis sebuah batu akik yang ada di pasaran.

Sementara PT Pegadaian baru akan melakukan kajian terhadap batu permata sebagai jaminan gadai. Untuk diketahui, selama ini Pegadaian baru menerima emas sebagai barang jaminan. Rencana ke depan, Pegadaian akan menempatkan gemologist atau ahli batu di setiap lokasi kantor pegadaian untuk menilai batu permata yang akan digadaikan. Untuk sementara ini batu permata yang akan diterima adalah jenis Safir, Zamrud, dan Ruby. (AB)

Baca Juga: 

Peminat Gadai Melonjak Setiap Ramadan

Penyaluran Pinjaman Pegadaian Hingga Juni 2015 Mencapai Rp57 Triliun

Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Jadi 10 Tahun, Masyarakat Resah

#Manajer Humas Pegadaian Pusat Basuki Tri A. #PT Pegadaian (Persero)
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan