Pedagang Tanah Abang Tak Tahu Aturan Anies Pengunjung terlihat menenteng barang bawaan menggunakan kantong plastik di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (2/7). (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Pedagang kemeja lantai 3, blok B, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat tidak mengetahui aturan Gubernur Anies Baswedan tentang larangan kantong plastik berlaku bagi pengunjung dan penjual.

Pedagang kemeja bernama Novan (42) mengaku baru mengetahui kebijakan Anies soal tak diperbolehkannya plastik kresek di Jakarta hari ini, Kamis (2/7). Ia masa bodoh atau cuek saja dengan aturan larangan plastik itu.

Baca Juga:

Pelarangan Kantong Plastik di Jakarta, IKAPPI Minta Pemprov Sediakan Alternatif

"Tahu baru tadi ada sosialisasinya. Informasi dari petugas Pasar Tanah Abang," kata Noval kepada Merahputih.com, Kamis (2/7).

Menurut pengetahuannya, regulasi yang dikeluarkan Anies hanya berlaku kepada pengunjung yang ingin berbelanja bukan para pedagang. Ia tetap menggunakan plastik kresek saat ini dan seterusnya. Alat pembungkus barang dagangan itu simpel dan mudah didapat.

"Yang gak boleh itu pengunjungnya pakai plastik. Ya tetap kasih plastik ke pembeli. Kita sudah siapin," jelas dia.

Pengunjung terlihat menenteng barang bawaan menggunakan kantong plastik di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (2/7). (Foto: MP/Asropih)
Pengunjung terlihat menenteng barang bawaan menggunakan kantong plastik di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (2/7). (Foto: MP/Asropih)

Novan mengatakan, pihaknya tak menggunakan plastik bila Pemprov DKI memiliki solusi lain pengganti kantong plastik. Hingga kini, ia kekeh pakai kantong kresek saat melayani pembeli.

"Untuk saat ini masih pakai. Kalau ada solusi lain pengganti plastik ya kita pakai yang itu," tegas Novan.

Ya memang, terlihat dari pantauan Merahputih.com di lapangan. Pedagang Pasar Tanah Abang masing memberikan atau melayani pembeli dengan kantong plastik.

Penunjung terlihat masih banyak yang menenteng belanjanya menggunakan plastik baik warna hitam maupun warna lain.

Baca Juga:

PKS Soroti Pemprov DKI Tak Punya Solusi Pengganti Kantong Plastik

Ptugas informasi melalui pengeras suara memberikan imbauan kepada pedagang dan pengunjung agar tidak memakai kantong kresek dalam bertransaksi jual-beli.

Petugas itu mengingatkan agar para pedagang dan pengunjung tak menggunakan kantong plastik untuk kepedulian akan nasib lingkungan.

"Mohon perhatiannya kepada pedagang dan pengunjung Pasar Tanah Abang untuk tidak menggunakan kantong plastik," jelas informasi petugas Tanah Abang yang terdengar di tiap lantai. (Asp)

Baca Juga:

Belanja Online Bikin Sampah Plastik di DKI Meningkat Selama Pandemi

Kredit : asropihs


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH