Pedagang Solo Zoo Ancam Tempuh Jalur Hukum, Gibran: Silahkan Saja Gugat Saya

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 27 September 2022
Pedagang Solo Zoo Ancam Tempuh Jalur Hukum, Gibran: Silahkan Saja Gugat Saya
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menolak direlokasi ke pasar tradisional Pemkot Solo.

Penolakan itu dilakukan dengan mengambil langkah hukum. Relokasi tersebut dilakukan dampak dari revitalisasi Solo Zoo melibatkan pihak swasta Taman Safari Indonesia.

Baca Juga:

Temui Rocky Gerung yang Terkenal Vokal, Gibran Tak Berniat Sindir Pengkritiknya

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menegaskan pihaknya tetap memindahkan para pedagang yang sebelumnya berjualan di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ). Kebijakan relokasi PKL itu sudah lama dibicarakan sebelum investor Taman Safari melakukan pekerjaan revitalisasi.

"Relokasi itu tidak bisa ditawar lagi. Dari Disdag (Dinas Perdagangan) sudah diberi tempat alternatif di lokasi pasar tradisional untuk berjualan," ujar Gibran, Selasa (27/9).

Disinggung terkait tuntutan pedagang untuk tetap bisa berjualan di TSTJ pasca revitalisasi akhir tahun ini, putra sulung Presiden Jokowi menegaskan jika TSTJ sudah dikerjasamakan dengan Taman Safari.

"Dengan kerjasama itu membuat level kebun binatang milik Solo Zoo otomatis naik ke level yang lebih tinggi. Kalau masih kayak-kayak gini saja kita masih akan ada di level kebun binatang kelas C kelas B. Ya maaf nggak bisa seperti itu lagi,” tegas dia.

Baca Juga:

Gibran tak Tertarik Beli Mobil Bekas Jokowi

Sedangkan terkait ancaman para pedagang yang siap membawa persoalan tersebut ke ranah hukum, Gibran pun menanggapinya dengan santai dan mempersilahkan pedagang untuk melakukannya.

“Silahkan saja (ajukan gugatan hukum). Karena kami sudah memberikan solusi dan tidak melakukan penggusuran," kata dia.

Ia menegaskan jika PKL ingin naik kelas juga bisa mengikuti pelatihan-pelatihan inkubasi di creative hub. PKL di Solo Zoo akan diganti dengan UMKM.

"Kalau mau ikutan naik kelas ya silahkan ikut. Cuma kadang-kadang banyak yang nggak mau ikut. Naik level itu harus dari diri sendiri, tidak bisa kita dorong-dorong,” pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Temui Orang Yang Suka Mengkritiknya, Gibran: Rocky Gerung Idola Saya

#Wali Kota Solo #Gibran Rakabuming #Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan