Headline

Pedagang Sapi Keluhkan Permintaan Setor Jatah Sapi ke Pejabat DKI

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 01 Agustus 2019
 Pedagang Sapi Keluhkan Permintaan Setor Jatah Sapi ke Pejabat DKI
Penjualan hewan kurban di Jakarta (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.Com - Salah satu pedagang hewan kurban yang berjualan di Jalan Ahmad Yani, Utan Kayu, Matraman, Jakarta Timur, bernama Adin resah dengan ulah Camat Matraman Bambang Eko Prabowo yang meminta satu ekor sapi sebagai syarat berjualan.

Padahal Eko menjajakan hewan kurban di lahan milik PT Kalamar Induk Plywood bukan di jalur hijau atau di atas trotoar.

Baca Juga: Hewan Kurban di Pasar Kambing Tanah Abang

Informasi tersebut diketahui dari beredarnya surat keluhan pedagang yang tersebar di kalangan wartawan dugaan pemalakan yang dilakukan oknum Camat.

Surat permintaan setor sapi dari pejabat DKI Jakarta
Surat keluhan pedagang sapi kepada Gubernur DKI Anies Baswedan (MP/Asropih)

Sebenarnya, Adin menuturkan, pihak pemilih lahan pun telah memperbolehkannya untuk menjual hewan kurban. Ia juga mengaku telah memakai lahan tersebut sejak 26 tahun yang lalu.

"Kemaren saya ditelepon sama dokter hewan kecamatan sama wakil manpol. Mereka bilang kalau mau dagang syaratnya Pak Camat minta satu ekor sapi," ujar Adin saat dikonfirmasi, Kamis (1/7).

Ia pun sontak keberatan dengan syarat yang dibuat oleh pejabat di kawasan Jakarta Timur itu.

"Mereka nego jadi Rp10 juta, saya masih berat. Turun lagi jadi Rp7,5 juta. Saya tetap enggak mau. Biasanya juga enggak sampai seperti ini. Kalau satu kambing saya masih oke lah," jelasnya.

Baca Juga: Pedagang Hewan Kurban Keluhkan Penjualan Sepi karena Instruksi Gubernur

Bila syarat tersebut tetap diberlakukan, Adin memilih untuk mencari tempat berjualan lain. Dengan begitu Adin membuat surat kepada Gubernur DKI Anies Baswedan untuk menyediakan lahan berjualan hewan kurban di Jakarta Timur.

"Saya minta kepada bapak Gubernur DKI Jakarta tolong Instruksikan ke tingkat Walikota Jakarta timur untuk memberikan toleransi kepada pedagang hewan kurban musiman yang menggunakan lahan pribadi dan bukan di jalur hijau atau trotoar," tutupnya.(Asp)

Baca Juga: Anak Buah Anies Persoalkan Kresek Hitam untuk Daging Kurban

#Pemprov DKI #Hewan Kurban #Pedagang #Sapi Kurban
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan