Pedagang Pakaian Bekas Senen Direlokasi ke Pasar Kenari 1 Desember Suasana pedagang kaki lima yang menjajakan barang dagangannya di trotoar dan badan Jalan Senen Raya, Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (18/11/2019). (ANTARA/Livia Kristianti)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat bakal merelokasi pedagang pakaian bekas yang berjualan di Pasar Senen ke Pasar Kenari pada 1 Desember 2019 mendatang.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan, pemindahan pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan di torotoar itu dilaksanakan karena ada proyek perbaikan underpass Senen.

Baca Juga:

Awal Desember PKL di Trotoar Pasar Senen Direlokasi

"Per 1 Desember dia harus pindah (ke Pasar Kenaru) kan gitu. Karena nanti buat perbaikan underpass Senen yang lagi dibangun," kata Irwandi saat dikonfirmasi, Selasa (19/11).

Suasana pedagang kaki lima di Jalan Senen Raya yang menggunakan badan jalan untuk menjajakan barang daganganya, Senin (18/11/2019). (ANTARA/Livia Kristianti)
Suasana pedagang kaki lima di Jalan Senen Raya yang menggunakan badan jalan untuk menjajakan barang daganganya, Senin (18/11/2019). (ANTARA/Livia Kristianti)

Irwandi menuturkan, relokasi pedagang pakaian bekas itu dimaksudkan agar pembangunan underpass Senen tak terganggu. Adapun underpass tersebut tengah diperpanjang Pemprov DKI sampai kawasan Tanjung Priok, pengerjaannya pun memakan waktu kurang lebih sampai delapan bulan.

"Itu nanti pergerakan mobil bahan-bahan proyek mau dipakai jalannya terganggu, proyek lagi jalan malah nanti mobilnya bergesekan nanti," tutur dia.

Untuk menampum PKL Pasar Senan, Pemprov DKI telah menyediakan sebanyak 108 lapak berupa kios di Pasar Kenari. Lanjut dia, hingga kini pihaknya mencata sudah ada 104 PKL yang terdaftar untuk dipindahkan ke Pasar Kenari.

Baca Juga:

Mantan Staf BTP Sarankan Anies Relokasi Warga Kampung Akuarium

"Sudah ditemukan relokasinya di Kenari ada 158 pedagang. Sudah kita rapatin APJR (Asosiasi Pedagang Jakarta Raya) kemarin pedagang 104 yang kita data dari Mei," papar dia.

Irwandi dari Pemkot Jakarta Pusat (Foto:beritajakarta.go.id)
Wakil Wali Kota Jakarta Pusat (Foto:beritajakarta.go.id)

Mantan Kadis UMKM ini mengaku, para PKL pasar Senen itu nantinya akan ditempatkan di lantai 2 dan lantai 3 Pasar Senin.

Untuk biaya retribusi, kata Irwandi, mereka akan dikenakan biaya dengan cuma-cuma atau gratis selama enam bulan. Tapi setelah enam bulan berjualan, para PKL itu baru dikenakan tarif. Namun, ia tak menjelaskan berapa tarif yang harus dikeluarkan para PKL itu.

"Enam bulan awal gratis enam bulan akhir bayar," tutupnya. (Asp)

Baca Juga:

Pemprov DKI Relokasi Pedagang Nasi Kapau di Jalan Kramat Raya


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH