Pedagang Kota Tua Mengeluh, Ini Solusi yang Dilakukan Sandi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 23 Oktober 2017
Pedagang Kota Tua Mengeluh, Ini Solusi yang Dilakukan Sandi
Wagub DKI Jakarta Sandiaga (kiri) bersama Gubernur Anies Baswedan saat diwawancara wartawan di Balai Kota. (MP/Asropih Opih)

MerahPutih.com - Pedagang kuliner yang berada di kawasan wisata Kota Tua Jakarta mengeluhkan penurunan omzet sejak dipindahkan ke lokasi binaan di Jalan Cengkeh, Kota Tua, Jakbar.

Menanggapi keluhanan tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan dirinya akan berusaha mengatasi permasalahan para pedagang tersebut. Pria yang disapa Bang Sandi ini akan terlebih dahulu mendengar suara dari para pedagang.

"Saya dengarkan dulu masukan dari temuan di lapangan dan nanti kita sandingkan dengan data-data, dan tarik data dari smart city juga mengenai traffic bagaimana supaya bisa kita menyandingkan dan dalam hal ini omzetnya tidak menurun," kata Sandi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (23/10).

Menurut Sandi, kebijakan dalam pemindahan pusat ekonomi memang bukan hal yang mudah. Tetapi harus dipelajari secara mendalam dan harus didasarkan dengan data yang ada.

"Pertama memang kalau menata pusat-pusat ekonomi, khususnya apalagi yang kelas menengah ke bawah harus dilakukan dengan menggunakan data dari pada traffic orang yang belanja jadi," kata Sandiaga.

Lebih lanjut, apabila pedagang berhasil dipindahkan dan nyatanya lokasi yang baru minim dari pembeli, pemerintah harus mencari tempat yang lebih ramai dan banyak pembeli.

"Kalau misalnya berhasil direlokasi di sana dan kosong nanti mereka akan pindah lagi dan tidak akan ada kelanjutannya kalau pendapatan mereka menurun. Apalagi sekarang daya beli yang cukup lemah dan harus betul-betul, hati-hati dalam melakukan penataan," tandasnya. (Asp)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Sandi: Kami Tunggu Rapat Paripurna Istimewa dengan DPRD

#Kota Tua Jakarta #Sandiaga Uno
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan