Pedagang Hingga Pengelola Positif COVID-19, Blok A dan B Tanah Abang Besok Ditutup Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Kamis (4/6). Foto: Istimewa

Merahputih.com - Pasar Blok A dan B Tanah Abang akan ditutup sementara. Hal itu dilakukan adanya penemuan kasus positif dari hasil pemeriksaan COVID-19 massal pada pekan lalu di pusat perbelanjaan tekstil terbesar se-Asia Tenggara itu.

"Kita akan tutup 1 Juli 2020, hari Rabu. Pokoknya hari ini saya kirimkan surat ke mereka, besok dasarnya mereka sosialisasi dari surat saya, Rabu baru ditutup selama tiga hari," kata Camat Tanah Abang, Jakarta Pusat, Yassin Pasaribu, Senin (29/6).

Baca Juga

Perkantoran di Jakarta Dibuka, Penumpang MRT Naik 6 Kali Lipat

Dari hasil tes usap yang dilakukan oleh Puskesmas Tanah Abang diketahui sebanyak dua orang terkonfirmasi positif di Blok A Tanah Abang.

"Kalau di Blok A ada dua yang positif, satu pedagang dan satu lagi karyawan dari pengelola," kata Yassin.

Dipastikan orang-orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 itu bukanlah warga yang berdomisili di Kecamatan Tanah Abang sehingga dilakukan koordinasi antar daerah untuk penanganan orang-orang tanpa gejala itu.

"Itu bukan warga Tanah Abang. Itu dari luar tapi sudah kita kontak ke masing-masing Puskesmas untuk ditangani," ujar Yassin.

Mana
Polisi melakukan penertiban warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan dengan tak memakai masker di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (12/6). Foto: MP/Kanu

Selain Pasar Tanah Abang Blok A dan B, ada tiga pasar lagi yang akan ditutup yaitu Pasar Central Tanah Abang, Pasar Metro Tanah Abang dan Pasar Mode Tanah Abang.

Ketiga pasar itu juga diketahui menjalani tes COVID-19 massal bersamaan dengan orang-orang yang bekerja di Pasar Blok A dan B Tanah Abang.

Seperti diketahui, para pekerja dari Pasar Tanah Abang blok A dan B akhirnya menjalani pengetesan untuk COVID-19 massal yang diusulkan oleh Kecamatan Tanah Abang usai sepekan dibuka di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi pada Selasa (23/6).

Baca Juga

DPRD Minta Dinas SDA Pelihara Tanggul Utara Jakarta

Dalam satu kali pengetesan itu, sebagaimana dikutip Antara, Puskesmas Tanah Abang menyiapkan 150 alat tes cepat dan 80 alat tes usap. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH