Kuliner
Pecinta Mie Wajib Hunting Mie Enak di Medan Mie Medan, kuliner wajib yang harus disantap selama ke Kota Medan. (Foto: Indonesian Medan Food)

BERENCANA menghabiskan waktu libur di Medan? Medan dikenal akan makanannya yang lezat. Salah satu agenda yang wajib dilakukan selama di Medan adalah berwisata kuliner. Bicara mengenai kuliner, makanan di Medan tak hanya nasi atau lontong saja. Di sana ada berbagai macam pilihan mie yang bisa disantap. Rasanya pun tak diragukan lagi. Berikut beberapa pilihan mie yang bisa dinikmati selama berada di Medan.

1. Mie Balap Seafood

Bagi kalian yang berada di daerah Jalan Wahidin, mampirlah ke Mie Balap Seafood yang berada di Jalan Wahidin simpang Jalan Gajah. Disebut mie balap karena pedagang mie memasak mie secara cepat layaknya balapan. Pilihan mie balap seafood yakni mie bihun dan kwetiaw. Mie digoreng menggunakan tungku. Mie tersebut digoreng kering dengan campuran telur, tauge, daun bawang, dan seafood.

mie medan
Mie Balap seafood. (Foto: Foursquare)

2. Mie Rebus Perdana Pak Mail

Bagi pecinta masakan Melayu, datanglah ke Jalan Perdana. Di sana kita bisa menemukan Mie Rebus Perdana Pak Mail. Mulanya, bisnis mie rebus ini dijalankan oleh mertua Ismail pada tahun 1956. Setelah mertuanya wafat, Ismail pun melanjutkan bisnis keluarga tersebut. Resep mie rebus turun temurun tersebut membuat cita rasa mie rebus Perdana otentik. Mie rebus yang dijual olehnya merupakan mie yang popular di kalangan masyarakat Melayu. Bahan yang digunakan untuk membuat mie rebus khas Melayu ini adalah mie sebesar lidi dan berwarna kuning cerah. Kelezatan mie rebus ini terletak di kuah kaldunya yang kental campuran berbagai rempah dan udang atau ebi. Topping yang digunakan yakni kentang, tahu dan kerupuk. Semangkuk mie rebus dibanderol dengan harga Rp12.000.

mie medan
Mie Medan kelezatannya berada pada kuah kaldunya. (Foto: MHM Asia)

3. Warkop Agam Senyum

Kalau kalian berada di sekitar Kompleks Multatuli, cicipi Indomie Bangladesh di Warkop Agam Senyum. Banyaknya penggemar mie instan di Medan membuat warung yang khusus menjual mie instan menjamur di Medan. Beberapa di antaranya bahkan buka selama 24 jam. Salah satu Warindo (Warung Indomie) yang cukup eksis adalah Warkop Agam Senyum. Salah satu menu andalan warindo yang berada di Jalan H Misbah ini adalah Indomie Bangladesh. Mie tersebut dimasak becek atau tak kering dan tak terlalu berkuah. Kuahnya menggunakan bumbu mie Aceh sehingga rasa khas mie instan tak lagi terasa.

4. Mie Ayam Akong Acim

Para pecinta mie yang sedang berada di Jalan Perniagaan, datanglah ke Mie Ayam Akong Acim. Lokasi mie ayam ini berada di persimpangan Jalan Gwangju dan Jalan Perniagaan. Rasanya? Tak perlu dipertanyakan. Mie ayam ini tersohor dan menjadi buah bibir para pecinta kuliner di Medan. Mie ayam yang sudah berdiri sejak 30 tahun silam ini memiliki tiga pilihan ukuran yakni porsi kecil, sedang dan jumbo. Kombinasi kesegaran kaldu yang bercampur dengan bakso ikan, suwiran ayam kecap yang gurih manis, gorengan udang serta potongan telur bebek rebus membuat mie ayam yang terletak di persimpangan Jalan Gwangju dan Jalan Perniagaan ini begitu diidolakan. Mie ayam ini terasa semakin istimewa dengan adanya topping berupa potongan cakwe di atas mie. Kita juga bisa minta tambah kulit ayam goreng loh. Kedai mie yang dibuka hingga larut malam ini dibanderol dengan harga Rp27.000 permangkuk. Sementara minuman khas di kedai ini adalah jeruk peras dingin dan soda cap Badak.

mie medan
Mie ayam akong acim. (Foto: Pinterest)

5. Bihun Bebek Asie

Salah satu tempat di Medan yang kerap diserbu saat sarapan adalah Bihun Bebek Asie. Bihun Bebek Asie terletak di Jalan Kumango. Kedai ini merupakan satu-satunya kedai mie yang menjual kuah dari kaldu bebek. Untuk menghasilkan kuah yang begiu kental dengan cita rasa khas, kedai bihun yang telah berdiri sejak 1967 tersebut menggunakan bebek dalam jumlah banyak dan dalam waktu lama. Tulang-tulang bebek tersebut sampai hancur karena dimasak dalam jangka waktu panjang. Potongan bebek yang disajikan sebagai topping di atas mie empuk dan banyak. Bihun Bebek Asie dihidangkan dengan rebusan sawi, bawang goreng, daun bawang dan disiram minyak wijen untuk menambah aroma pada bihun. Bihun Bebek Asie buka pukul tujuh pagi dan telah habis sebelum jam makan siang. Semangkuk bihun Bebek Asie dibanderol dengan harga Rp60.000. harganya sebanding dengan kelezatan dan kualitas bihun tersebut.

6. Mie Sop Kampung

Tak lengkap rasanya berwisata kuliner di Medan tanpa mencicipi mie sop kampung. Sekilas mie sop kampung serupa dengan bakso. Alih-alih menggunakan bakso, mie sop kampung menggunakan ayam suwir sebagai toppingnya. Salah satu mie sop kampung yang cukup tekenal adalah Mie Sop Kampung yang terdapat di Jalan Bambu. Kuah mie sop kampung Bambu agak berlemak dan kaya rempah-rempah. Yang membuat mie sop kampung Bambu difavoritkan adalah tambahan toppingnya berupa risol crispy yang digunting-gunting di atas mie, sate kerang, dan kerupuk merah. Harga Mie Sop Kampung ini cukup terjangkau yakni Rp 12.000 dengan porsi yang cukup banyak. Sementara untuk topping tambahan berupa risol dibanderol dengan harga Rp3000.

Itulah beberapa wisata kuliner yang bisa dinikmati para pecinta mie di Medan. Rasanya lezat, harganya pun terjangkau. Tunggu apalagi? (avia)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Lakon Sejarah Dakon, Permainan Tradisional Paling Populer Saat Ramadan
Tradisi
Ridwan Kamil Usung Pangandaran Jadi Destinasi Unggulan Jabar Pasca Pandemi
Travel
Ridwan Kamil Usung Pangandaran Jadi Destinasi Unggulan Jabar Pasca Pandemi

Pangandaran memiliki banyak panorama alam yang indah.

Enaknya Nasi Goreng Rendang
Kuliner
Enaknya Nasi Goreng Rendang

Gordon Ramsay pernah masak nasi goreng rendang ini.

Micin Bikin Bodoh, Benarkah?
Kuliner
Micin Bikin Bodoh, Benarkah?

Orang bodoh kerap disebut sebagai generasi micin.

Asyik, dari Malioboro ke Parangtritis Kini Bisa Naik Damri
Travel
Asyik, dari Malioboro ke Parangtritis Kini Bisa Naik Damri

Para wisatawan yang hendak mengunjungi Pantai Parangtritis dari kawasan Malioboro ini dapat naik bus Damri.

Di Negeri Aing Orang Berpelesir untuk Lihat Mayat
Travel
Di Negeri Aing Orang Berpelesir untuk Lihat Mayat

Di Desa Trunyan, saat salah satu warganya meninggal, jenazah tidak dikubur dalam tanah

Arek Suroboyo Tertipu Salam Sesama Muslim, Bukannya Diberi Ransum Malah Bom!
Indonesiaku
Arek Suroboyo Tertipu Salam Sesama Muslim, Bukannya Diberi Ransum Malah Bom!

Pasukan resimen Punjab atau Pakistan datang tanpa senjata

Sebarkan Semangat, Puluhan Hotel di Yogyakarta Nyalakan Lampu Kamar Berbentuk 'Love'
Travel
Sebarkan Semangat, Puluhan Hotel di Yogyakarta Nyalakan Lampu Kamar Berbentuk 'Love'

Ada semangat yang menghangatkan di Yogyakarta di tengah pandemi COVID-19.

Digitalisasi Peninggalan Budaya Beraksara Jawa
Tradisi
Digitalisasi Peninggalan Budaya Beraksara Jawa

Agar tetap bisa dipelajari generasi mendatang.

Sertifikat CHSE untuk Bangkitkan Sektor Pariwisata di Tengah Pandemi
Travel
Sertifikat CHSE untuk Bangkitkan Sektor Pariwisata di Tengah Pandemi

Program sertifikasi nasional CHSE diluncurkan oleh Kemenparekraf Republik Indonesia.