Pecalang Ikut Amankan Obyek Wisata Tujuan Raja Salman Pecalang yang siap ikut mengamankan obyek wisata tujuan Raja Salman. (FOTO Antara/Nyoman Budhiana)

Selain anggota TNI/Polri, ratusan anggota satuan pengamanan adat Bali atau Pecalang ikut mengamankan obyek-obyek wisata yang akan dijadikan sebagai tempat berliburnya Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud selama di Bali.

Kunjungan liburan Raja Salman ke Bali ini rencananya berlangsung selama lima hari, yaitu 4-9 Maret 2017 mendatang.

"Tugas pengamanan sama saja prinsipnya menjamin pengamanan tetapi kami harus pandai menempatkan diri agar tidak mengganggu tamu," kata Panglima Kodam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko seperti dikutip Antara, Jumat (4/3).

Kedubes Arab Saudi menegaskan bahwa kunjungan Raja Salman, di Pulau Dewata hanya khusus untuk berwisata dan tidak ada agenda kenegaraan yang terjadwal seperti saat melakukan lawatan di ibu kota Jakarta.

Sebelumnya, Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak dan menggelar rapat terpadu saat di Sekretaris Negara (Sekneg).

"Kami juga sudah mengecek seluruh hotel yang akan digunakan. Ada lima hotel yang akan dimanfaatkan, yakni St Regis Bali Resort, Hilton, Mulia, Bulgari dan Lagoon. Seluruhnya di Kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung," katanya.

Namun aparat keamanan belum memastikan objek wisata yang akan dikunjungi oleh anggota rombongan Kerajaan Arab selama di Bali.

Untuk mengikuti berita terkait Raja Salman di Indonesia: Raja Salman Disambut Tari Pendet di Bali



Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH