Pebalap F1 Powerboat Perpanjang Waktu Tinggal di Indonesia

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 27 Februari 2023
Pebalap F1 Powerboat Perpanjang Waktu Tinggal di Indonesia
Presiden Joko Widodo menyerahkan piala kepada pemenang balap F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara, Minggu (26/2/2023). ANTARA/Agus Suparto-Biro Pers Sekretariat Presiden

MerahPutih.com - Pebalap Stromoy Racing Bartek Marszalek sukses menjadi pemenang dalam edisi pembuka yang berlangsung di danau vulkanik terbesar di dunia tersebut.

Ia sangat menantikan untuk kembali berlomba pada putaran Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) di perairan Danau Toba, kawasan Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige, Sumatra Utara.

Baca Juga:

F1 Powerboat Danau Toba Batal Ukir Sejarah 2 Kali Race

Pebalap asal Polandia itu memiliki kesan tersendiri akan keindahan Danau Toba karena kemenangan pertama Marszalek sejak debut 2011 di F1 Powerboat.

"ini sangat luar biasa dan yang paling spesial adalah ini kemenangan pertama sepanjang karier di F1H2O. Saya senang berada di sini. Semua orang di sini sangat ramah dan selalu memberikan senyuman. Terima kasih, saya sangat senang dan sangat menantikan balapan selanjutnya di Danau Toba," ujar pebalap berpostur 183 cm itu.

Ia mengungkapkan balapan di Danau Toba memiliki tantangan tersendiri. Namun dia akhirnya bisa mengatasi semuanya hingga akhirnya menjadi yang terdepan.

Sejak kualifikasi, Marszalek memang tampil impresif. Dia sukses mengambil pole position setelah mencatatkan waktu 58,21 detik. Kemudian saat balapan berlangsung, dia kembali menunjukkan konsistensi.

Marszalek mengalahkan Sami Selio dari Sharjah Tim yang terpaut 01,97 detik di posisi kedua. Lalu urutan ketiga ada Erik Stark asal Victory yang terpaut 03,26 detik.

Peter Morin dari China CTIC Team di posisi keempat dengan selisih 04,18 detik dan di bawahnya ada pebalap Abu Dhabi Team Thani Al Qemzi yang terpaut 05,87 detik.

Dengan kemenangan ini, Marszalek untuk sementara memimpin klasemen sementara F1H2O 2023 dengan 20 poin. Sementara Selio di bawanya dengan 15 poin, lalu Stark di urutan ketiga dengan 12 poin. Balapan selanjutnya dijadwalkan bergulir di Zhengzhou, China pada 29-30 April 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pebalap dunia berlaga pada putaran pertama Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) 2023 akan tinggal lebih lama untuk menikmati keindahan Indonesia, khususnya Danau Toba.

Setelah balapan bergulir, kata Sandiaga, para pebalap dunia tak lantas pulang. "Semua pebalap tidak pulang hari ini maupun besok. Tetapi mereka akan ada ekstensi sampai Kamis (2/3) bahkan lebih," ujar Sandiaga di Balige, Minggu.

Para pebalap dunia sengaja memperpanjang waktu untuk tinggal lebih lama Indonesia karena ada jeda sebelum kembali berlomba di putaran kedua yang bergulir di Zhengzhou, China pada 29-30 April 2023.

"Jadi mereka memutuskan memperpanjang tinggal di Sumatera dan ada yang akan ke destinasi yang lain seperti Bali dan Jakarta," ujar Sandiaga.

Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah pembuka dari delapan putaran yang bergulir sepanjang musim 2023. Rencananya, Danau Toba akan menjadi tuan rumah selama lima tahun atau hingga 2027. (Knu)

Baca Juga:

Jokowi Saksikan F1 Powerboat Pertama Kali Digelar di Danau Toba

#Danau Toba
Bagikan
Bagikan