PDP dan Positif Terus Bertambah, Pemkot Solo Siapkan Rumah Sakit Khusus Tangani COVID-19 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno di Kelurahan Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, Minggu (22/3). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyiapkan satu rumah sakit (RS) khusus menangani pasien covid-19. Hal itu diperlukan setelah melihat pasien positif COVID-19 dan pasien dalam pengawasan (PDP) corona terus bertambah.

"Segala sesuatu harus disiapkan mulai dari sekarang setelah melihat kasus corona di Solo terus bertambah," ujar Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Minggu (22/3).

Baca Juga

40 Ribu APD untuk Tenaga Medis Hadapi COVID-19 Tiba di Balai Kota DKI

Rudy mengungkapkan saat ini telah menyiapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno di Kelurahan Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah untuk menangani pasien khusus berkaitan corona. Rumah sakit ini milik Pemkot Solo.

"RSUD Bung Karno akan menjadi pendamping RSUD dr Moewardi (RSDM) berstatus milik Provinsi Jawa Tengah yang saat ini menjadi rujukan utama penanganan COVID-19," kata Rudy.

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo. (MP/Ismail)
Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo. (MP/Ismail)

RSUD Bung Karno, lanjut Rudy, selama ini belum menerima pasien BPJS, jadi belum seramai rumah sakit yang lain. Melihat kondisi itu bisa dimanfaatkan untuk menangani pasien COVID-19.

Selain RSDM, saat ini sudah ada lima RS lain yang ditunjuk pemerintah menjadi RS rujukan covid-19. Kelimanya ialah RSUD Surakarta (Ngipang), RS dr Oen Kandangsapi, RS Kasih Ibu, RS PKU Muhammadiyah, dan RST Slamet Riyadi (DKT).

Baca Juga

RSUD dr Moewardi Rawat 3 Pasien Positif COVID-19, Pinsar Kirim 2000 Telur Ayam

"Yang terjadi jika RSUD Bung Karno benar-benar dimanfaat sebagai rumah sakit khusus covid-19 justru kekurangan tenaga medis," kata dia.

Mengatasi kekurangan jumlah medis tersebut, lanjut dia, tengah berkoordinasi dengan Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) Solo untuk memenuhi tenaga medisnya. Ia optimistis rencana itu bisa terwujud sehingga bisa memudahkan untuk penanganan pasien.

Data resmi Pemprov Jateng, corona.jatengprov.go.id yang diperbarui pukul 16.05 WIB, ada 26 orang yang dirawat. Di mana di Rumah Sakit dr Moewardi ada 17 pasien yang dirawat. Empat di antaranya positif Corona. Ada juga 5 PDP yang dirawat di RS dr Oen Kandangsapi dan 4 PDP yang dirawat di RS Kasih Ibu. (*)

Baca Juga

Bandara Adi Soemarmo Sepi Akibat COVID-19, PT KAI Batalkan 9 Perjalanan KA Bandara

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya.


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH