PDIP Ungkap Alasan Copot Rieke dari Baleg Anggota DPR dari PDIP Rieke Diah Pitaloka. (MP/Fachrddin Chalik)

MerahPutih.com - Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPR Bambang Wuryanto membantah pihaknya mengganti Rieke Diah Pitaloka sebagai Wakil Ketua Badan Legislasi dengan M Nurdin gara-gara polemik RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

Menurut dia, pergantian Rieke murni karena rotasi.

Baca Juga:

Gejolak RUU HIP Buat Rieke Diah Pitaloka Ditendang dari Baleg DPR

"Jadi kita memasang the right man in the right place atas dasar penugasan politik sebagai partai pendukung pemerintah. Kita ingin fokus lagi dalam demokrasi," katanya kepada wartawan di DPR, Kamis (9/7).

Dia mengatakan, rotasi Rieke sebagai pimpinan Baleg bukan karena ada kesalahan. Dia membantah PDIP melakukan pencopotan.

"Jadi jangan pernah ada pikiran Mbak Rieke salah, dicopot, itu salah. Clear," ucapnya.

Rieke Diah Pitaloka barpose sebelum mengikuti pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat periode 2019—2024. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/pd.
Rieke Diah Pitaloka barpose sebelum mengikuti pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat periode 2019—2024. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/pd.

DPR, kata dia, sudah menyetujui RUU tersebut sebagai RUU inisiatif DPR.

"Jadi kita tunggu pemerintah, kalau pemerintah bilang enggak mau bahas, selesai pula ini barang, tapi mekanismenya ada, dan di DPR ini mekanisme yang paling penting. Persepsi menjadi paling penting. Semua proses melalui prosedur sesuai dengan kesepakatan bersama," ujarnya.

Baca Juga:

Rieke Dicopot dari Baleg DPR, Sufmi: Tidak Perlu Jadi Polemik

Bambang mengatakan, Rieke akan ditugaskan fraksi untuk fokus mengawal Komisi VI DPR yang membidangi industri, investasi dan persaingan usaha.

"Mbak Rieke yang begitu fokus, sudah pernah dibuktikan di lapangan," pungkasnya. (Knu)

Baca Juga:

Alasan PDI-P Copot Rieke dari Baleg DPR


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH