PDIP : TGB Jadi Salah Satu Kandidat Cawapres Jokowi Joko Widodo dan TGB Zainul Majdi. ( Foto: Antara )

MerahPutih.com - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ahmad Basarah mengakui Tuan Guru Bajang (TGB), Zainul Majdi menjadi salah satu kandidat calon wakil presiden Joko Widodo pada Pemilihan Presiden 2019.

"TGB adalah salah satu kandidat cawapres yang sekarang namanya ikut mengerucut dengan nama-nama cawapres lainnya," kata Basarah di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/7).

Wakil Ketua MPR ini mengungkapkan, bahwa Jokowi mempunyai hubungan yang baik dengan tokoh-tokoh muda dan ulama, termasuk TGB. Dia menilai hal itu positif dalam konteks pencarian nama cawapres.

"Saya kira itu baik dalam proses pencarian cawapres untuk pada sampai lahirnya nanti Pak Jokowi betul-betul mendapatkan yang terbaik di antara yang terbaik, yang sekarang muncul sebagai kandidasi para cawapres Pak Jokowi," ungkap dia.

Menurut Basarah, ada tiga sumber cawapres untuk Jokowi. Pertama dari internal PDIP, kedua dari partai koalisi pendukung Jokowi, dan ketiga dari kalangan profesional seperti agamawan, ekonom, militer dan polisi.

Ahmad Basarah (Foto: Antara Foto)

"Jadi kalau misalnya muncul nama Mahfud MD, Pak Din Syamsudin, Pak Rizal Ramli, kemudian tokoh lain seperti Pak Meoldoko, Budi Gunawan itu adalah cawapres yang sumbernya di luar PDIP dan di luar koalisi partai-partai pengusung Jokowi," pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Developing Countries Studies Center (DCSC), Zaenal A Budiyono menyarankan, Joko Widodo menggandeng calon wakil presiden dari kalangan profesional yang memiliki latar belakang ekonomi.

"Problem yang dihadapi sekarang adalah ekonomi. Maka menurut saya pakar-pakar atau pengusaha yang di bidang ekonomi itu layak dipertimbangkan (jadi cawapres) karena paham tentang ekonomi," kata Zainal dalam diskusi di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (10/7).

Menurut Zaenal, mantan menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan mantan Menteri perekonomian Chairul Tanjung (CT) layak dipertimbangkan oleh Jokowi.

"Rizal Ramli, Sri Mulyani, CT. Tinggal Pak Jokowi mau pilih yang mana mahzab Sri Mulyani atau mahzab Rizal Ramli," ucap dia. (Pon)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH