PDIP Targetkan Rebut Tujuh Kemenangan di Pilkada Papua

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 13 Maret 2020
PDIP Targetkan Rebut Tujuh Kemenangan di Pilkada Papua
PDIP menyiapkan kader terbaik yang akan bertarung dalam perhelatan Pilkada Serentak 2020 di Papua (Ist)

MerahPutih.com - PDIP menyiapkan kader terbaik yang akan bertarung dalam perhelatan Pilkada Serentak 2020 di Papua. Pilkada Serentak 2020 di Papua akan digelar di 11 kabupaten, yakni Waropen, Supiori, Merauke, Yalimo, Boven Digul, Asmat, Mamberamo Raya, Nabire, Keerom, Pegunungan Bintang, dan Kabupaten Yahukimo. Namun, PDIP hanya akan mengikuti sembilan dari sebelas pilkada, karena di Kabupaten Pegunungan Bintang, dan Yahukimo tidak memiliki kursi.

"Sembilan daerah yang diikuti PDI Perjuangan sepenuhnya akan dilakukan konsolidasi, secara ideal partai menyiapkan dan mendorong kader-kader untuk menduduki jabatan strategis tersebut," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai membuka Rakerda I DPD PDIP Papua, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (13/3).

Baca Juga:

PDIP Resmi Usung Olly Dondokambey-Steven Kandouw di Pilgub Sulut

Menurut Hasto, saat ini DPP PDIP tengah mengerucutkan nama-nama yang akan diusung pada pilkada di Papua. Yang sudah dikeluarkan rekomendasi, adalah calon bupati di Kabupaten Asmat.

Menurut Hasto, penetapan calon untuk kabupatan lain akan menyusul dalam waktu dekat ini. "Senin (16/3), besok, akan kami bahas sebagian dan akan diumumkan bersama-sama," imbuhnya.

Hasto berharap semua bisa diselesaikan secepatnya. Namun, kata dia, sebelum adanya pengumuman, semua calon harus berkomitmen mengikuti sekolah calon kepala daerah. Kepala Sekolah Calon Kepala PDIP adalah Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun, yang juga pemateri saat Rakerda.

"Mereka yang nantinya direkomendasikan wajib mengikuti sekolah partai sehingga kami buktikan keseriusan PDI Perjuangan di dalam menyiapkan para calon kepala daerah," kata Hasto.

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto elektabilitas Bobby dan Gibran terus meningkat
Ketua Umum PDIP Megawati bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta (Foto: Tim Media PDIP)

Ia mengimbau kader PDIP menghadirkan diri sebagai pemimpin yang negarawan. Dia menegaskan seluruh kader DPD dan DPC punya tanggung jawab untuk menghadirkan watak pemimpin negarawan yang berjuang untuk bangsa dan negara bukan kepentingan pribadi.

"PDIP menjadi pelopor. Dalam rangka pilkada, kami siapkan calon sebaik-baiknya," tegasnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPD PDIP Papua John Wempi Wattipo menargetkan tujuh kemenangan dari sembilan pilkada di Papua 2020. "Dari sembilan ini, targetnya ada tujuh kabupaten. Yakni, Supiori, Waropen, Nabire, Mamberamo Raya, Yalimo, Boven Digoel, dan Asmat," kata John.

Baca Juga:

Ini Nama 49 Calon Kepala Daerah yang Diusung PDIP di Pilkada Serentak 2020

Dia menegaskan DPD PDIP Papua akan mengikuti dan menjalankan apa pun yang diputuskan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Apa pun yang diputuskan, kami siap kawal untuk memenangkan tujuh dari sembilan yang jadi target kami," ujar John yang juga wakil menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat itu. (Pon)

#PDIP #UU Pilkada
Bagikan
Bagikan