PDIP Tak Takut Amien Rais Calonkan Diri Jadi Capres Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (MP/Fadhli)

Merahputih.com - PDI Perjuangan menegaskan tak merasa tersaingi dengan rencana politisi senior PAN Amien Rais yang ingin mencalonkan diri sebagai Capres di Pilpres 2019 mendatang.

Setiap warga negara berhak untuk memilih dan dipilih sebagaimana diatur dalam UU. Untuk itu, PDIP mempersilahkan siapa saja yang ingin mencalonkan diri termasuk Amien Rais.

"Selama syarat-syarat itu memenuhi silahkan, setiap warga negara memiliki hak memilih dan dipilih, tetapi rakyat yang jadi hakim terbaik," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (12/6).

Hanya saja, Hasto mengingatkan tidak mudah untuk menjadi Capres, ada persyaratan yang harus dipenuhi calon. "Siapa pun yang akan maju sebagai calon presiden, sesuai dengan konstitusi, mendapat dukungan partai politik atau gabungan partai politik, yang mendapat dukungan kursi sekurang-kurangnya 20%," terang Hasto.

Ketua DPP PDIP Non Aktif, Puan Maharani melepas pemudik (MP/Fadhli)

Dia pun mengaku bahwa pencalonan Amien Rais bukanlah ancaman serius bagi Jokowi. "Tidak, karena di masa lalu Pak Amien juga pernah maju," kata dia.

Lebih lanjut, terkait semakin dekatnya pesta demokrasi Pilpres 2019, Hasto mengimbau agar semua pihak berkompetisi dengan cara yang beradab dan berkomitmen menjaga persatuan bangsa.

"Kita ini kan berkebudayaan timur, apalagi sedang puasa, rakyat akan melihat pemimpin mana yang baik yang menyatukan, pemimpin yang tersenyum ketika dikritik, dihujat atau pemimpin yang memecah belah. Buktinya elektabilitas Pak Jokowi tertinggi," ujarnya.

Senada dengan Hasto, Ketua DPP PDIP Non Aktif. Puan Maharani tidak mempermasalahkan pencalonan Amien Rais. Dia mengatakan bahwa hal itu merupakan hak seseorang yang dilindungi oleh konstitusi.

"Itu kan hak setiap warga negara. Selama kemudian memenuhi persyaratannya, kemudian mencalonkan presiden. Yang sekarang harus kita lihat sudah cukup belum persyaratannya. Apakah sudah cukup memenuhi persyaratan yang ada sesuai dengan konstitusi?," ucap dia. (fad)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH