PDIP: Selamat Datang Kabinet Gotong Royong Nasional Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. (Antaranews)

Merahputih.com - DPP PDI Perjuangan menghormati keputusan Presiden Joko Widodo dalam menyusun kabinet. PDI Perjuangan membuka diri terhadap kerja sama dengan parpol lain termasuk Gerindra di dalam menyukseskan Pemerintahan.

"PDI Perjuangan sesuai fatsoen politik dan tata pemerintahan yang berlaku, menghormati hak prerogatif Presiden. Selamat datang kabinet gotong royong nasional," kata Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto kepada wartawan, Selasa (22/10).

Baca Juga:

Jadi Menteri Jokowi, Jenderal Tito Karnavian Segera Lepas Jabatan Kapolri?

Hasto menuturkan PDIP legowo jika Gerindra bergabung ke dalam koalisi. Hal itu merupakan risiko yang akan diterima usai mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019, bahwa akan ada partai yang merapat ke koalisi.

PDIP memberikan kepercayaan kepada Jokowi untuk menentukan arah bangsa ke depan.

"Termasuk di dalam menentukan koalisi pasca pemilu presiden," ujarnya.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan keterangan kepada awak media terkait Kongres V PDIP di Bali (Foto: antaranews)

Terkait dengan Gerindra di dalam koalisi, hal itu membuktikan bahwa pemerintahan Jokowi merangkul. Diharapkan hal tersebut bisa mamperkuat soliditas dalam menghadapi tantangan internal dan eksternal.

Baca Juga:

Akui Diminta Presiden Jokowi Bantu Urusan Pertahanan, Prabowo: Saya Akan Bekerja Sebaik Mungkin

Sementara, soal sosok yang dipanggil Jokowi sebagai calon menteri, itu merupakan hasil pembahasan antara para ketua umum parpol dengan Jokowi, yang memiliki komitmen untuk fokus pada SDM.

"Karena itu seluruh ketum partai sudah diajak bicara, berdiskusi dan format koalisi yang terbaik juga sudah diputuskan oleh Bapak Presiden," pungkasnya. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH