PDIP Rekomendasikan Gibran-Teguh, Purnomo: Saya Diberi Tahu Jokowi Bakal cawali dari PDIP Achmad Purnomo. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - DPP PDIP telah memutuskan rekomendasi Pilwakot Solo 2020 jatuh pada pasangan bakal cawali dan cawawali Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa. Dengan jatuhnya rekomendasi ini, secara langsung menutup pintu bakal cawali Achmad Purnomo untuk maju Pilwakot Solo.

Menanggapi jatuhnya rekomendasi tersebut, Purnomo mengaku mendapatkan kabar rekomendasi tersebut disampaikan langsung oleh ayahnya Gibran, Presiden Jokowi saat bertemu empat mata di Istana Jakarta, Kamis (16/7).

Baca Juga:

Gibran-Teguh Dapat Rekomendasi Megawati, Gibran: Saya Minta Doa yang Terbaik

"Saya sebagai Wakil Wali Kota Solo kebetulan dapat tugas ke Jakarta untuk mengurus proyek Masjid Taman Sriwedari" ujar Purnomo, Jumat (17/7).

Kedatangan Purnomo ke Istana Merdeka Jakarta atas undangan dari Presiden Jokowi. Salah satu yang dibahas dalam pertemuan empat mata adalah masalah rekomendasi dari DPP PDIP di Pilwakot Solo

"Saya di Istana diberi tahu oleh Pak Jokowi kalau yang dapat rekomendasi itu Gibran-Teguh, Gi-Guh bukan Pu-Guh," kata Purnomo.

Bakal cawali dari PDIP Achmad Purnom mengadiri deklarasi dukungan pilkada. (MP/Ismail)
Bakal cawali dari PDIP Achmad Purnomo mengadiri deklarasi dukungan pilkada. (MP/Ismail)

Saat memberitahu hasil rekomendasi tersebut, kata dia, Jokowi berbicara pada dirinya sebagai utusan dari DPP PDIP untuk menyampaikan keputusan partai itu. Ia pun bisa memahami hasil keputusan partai tersebut.

"Pak Jokowi mengatakan itu sebagai utusan dari DPP untuk menyampaikan amanah memberitahu rekomendasi (Gibran-Teguh) pada saya secara langsung," katanya.

Baca Juga:

Bawaslu Janji Tidak Istimewakan Gibran

Ia sudah memprediksi bahwa rekomendasi bakal jatuh ke tangan Gibran. Dia menyebut ada beberapa alasan yang membuat Gibran terpilih.

"Yang pertama tentu karena Mas Gibran anak presiden, kedua Mas Gibran masih muda, kalau saya kan sudah tua. DPP lebih tahu apa alasan memilih Mas Gibran," kata dia.

Disinggung terkait langkah selanjutnya apakah akan maju dengan partai lain, Purnomo dengan tegas tidak akan melakukan itu dan selalu setia pada PDIP.

"Masih banyak calon lain yang bisa diusung. Yang jelas bukan saya," tutup Purnomo. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Gibran-Teguh Dapat Rekomendasi, Ketua DPC PDIP Benarkan Keduanya Diundang ke DPD


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH