PDIP Puji Safari Politik Prabowo ke Sejumlah Parpol Pendukung Jokowi Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyambut Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Kantor DPP PKB, Jakarta, Senin, (14/10/2019). (ANTARA FOTO/Boyke Ledy Watra)

Merahputih.com - PDIP mengapresiasi langkah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang melakukan safari politik ke sejumlah petinggi partai koalisi Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Intinya PDIP mengapresiasi langkah Gerindra atau partai lain yang menjalin silaturahmi komunikasi politik dengan pimpinan parpol lain dan tokoh bangsa lain," kata Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (16/10).

Baca Juga:

Pengamat Prediksi Nasdem Akan Legowo Terima Gerindra Masuk Kabinet Jokowi

Wakil Ketua MPR ini mengaku tak tahu apakah safari politik yang dilakukan Prabowo merupakan arahan Jokowi. Dugaan itu muncul karena upaya Prabowo menemui sejumlah pimpinan partai koalisi setelah bertemu empat mata dengan Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta.

"Tanyanya sama Pak Jokowi, jangan sama PDIP," tegas Basarah.

Soal peluang Demokrat dan Gerindra bergabung dalam koalisi Jokowi, dia tak ingin berspekulasi. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi untuk menentukan siapa saja yang masuk dalan jajaran menteri Kabinet Kerja jilid II.

"Kita serahkan kepada keputusan politik Pak Jokowi. Dia memegang hak prerogatif. Kita percayakan sepenuhnya pada kewenangan prerogatif Pak Jokowi," jelas Basarah.

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto berkunjung ke DPP PKB, di Jakarta, Senin (14/10/2019). (ANTARA FOTO/Boyke Ledy Watra)
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto berkunjung ke DPP PKB, di Jakarta, Senin (14/10/2019). (ANTARA FOTO/Boyke Ledy Watra)

Tradisi menjalin komunikasi politik antara pimpinan partai memang harus terus dirawat. Tidak hanya menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 pada 20 Oktober mendatang.

"Sehingga kalau ada hal-hal yang kurang dimengerti, salah paham, dengan pertemuan itu kalau bahasa Islamnya tabayyun, klarifikasi, hal-hal yang berbeda pendapat, selisih paham itu bisa dimusyawarahkan," ucapnya.

Prabowo bertemu Surya di Permata Hijau, Minggu (13/10). Surya dan Prabowo melakukan pertemuan dan jamuan makan kurang lebih dua jam.

Baca Juga:

Sandiaga Uno Pastikan Hadir di Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin

Sedangkan pertemuan Prabowo dengan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dilakukan di kantor DPP PKB pada Senin (14/10). Usai pertemuan, Cak Imin memberikan restu agar Gerindra diterima sebagai anggota koalisi pendukung Jokowi.

Lalu, Prabowo juga menemui Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Mereka menghasilikan kesepakatan untuk kerjasama secara politik. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH