PDIP: Persahabatan Djarot-BTP Sejati, Tak Pernah Hilang

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 25 Januari 2019
PDIP: Persahabatan Djarot-BTP Sejati, Tak Pernah Hilang
Basuki Tjahaja dan Djarot Syaiful Hidayat mendaftar pemilihan Cagub dan Cawagub DKI Jakarta periode 2017 di Kantor KPU provinsi DKI Jakarta, Rabu (21/9/2016) (MP/Rizki Fitrianto)

Merahputih.com - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut mantan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok punya sahabat sejati yang selalu rajin menjenguknya di penjara. Dia adalah Djarot Saiful Hidayat.

Hasto Kristiyanto mengatakan hal itu saat berkunjung ke kantor Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, di Surabaya, Jumat (25/1) dalam rangkaian Safari Politik VI PDI Perjuangan ke Jawa Timur. Hasto Kristiyanto didampingi oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat.

Menurut Hasto, saat BTP atau Ahok menjadi gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat adalah wakilnya. Pasangan Ahok-Djarot maju sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta, pada pilkada 2016, tapi tidak menang. BTP lalu dihukum penjara selama dua tahun, atas perkara penistaan agama.

Ketika BTP dalam keadaan duka menjalani hukuman penjara, Djarot tetap rajin menengok. "Rasa persahabatan Djarot kepada BTP sejati, tidak pernah hilang," kata Hasto.

Deklarasi PDIP usung Ahok-Djarot di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Selasa (20/9). (Foto: MerahPutih/Muchammad Yani)

Djarot ada di sebelahnya ketika Hasto bicara hal itu. Dari Djarot juga, diakui Hasto, pihaknya mendapat kabar terbaru dari BTP, termasuk soal kegiatannya selama di dalam penjara. Bagaimana BTP menjaga fisiknya tetap bugar dengan rajin berolahraga, membaca buku, hingga bisa menjadi warga negara yang baik.

Sempat beredar rumors, bahwa BTP akan bergabung ke PDI Perjuangan, setelah bebas dari pernjara, Hasto meminta, semua pihak untuk tidak memaksakan keputusan yang segera. Karena, BTP juga punya banyak agenda pribadi. BTP, seperti diwartakan Antara, ingin menikmati kebebasannya.

"Mari kita hargai privasinya sekarang untuk menjalankan agenda pribadi Pak BTP. Ya mungkin keliling Indonesia dulu. Mungkin ke luar negeri," kata Hasto. BTP menjalani hukuman penjara selama dua tahun dan bebas murni pada 24 Januari. (*)

# Djarot Syaiful Hidayat #Basuki Tjahaja Purnama
Bagikan
Bagikan