PDIP Nilai Jakarta Cocok Terapkan Mini Lockdown Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono menilai, jika ibu kota sangat cocok untuk menerapkan mini lockdown sesuai dengan karakteristik Jakarta.

"Jakarta ya saya kira akan lebih cocok diterapkan lockdown mini," ujar Gembong Warsono kepada Wartawan, Selasa (29/9).

Menurut Gembong, ada dua keuntungan DKI bila memberlakukan mini lockdown, sebab pengawasan pemerintah DKI lebih efektif karena berbasis lokal. Lebih optimal lagi jika pelaksanaan ini melibatkan masyarakat sekitar.

Baca Juga

Pemprov DKI Tutup 113 Perkantoran Selama PSBB Ketat

"Ketika ada keterlibatan masyarakat, itu lebih efektif daripada kebijakan Pemprov yang tidak melibatkan masyarakat," paparnya.

Kemudian, lanjut Gembong, kebijakan itu juga dapat menggeliatkan perekonomian dengan stabil. Dengan begitu, mini lockdown ini lebih efektif ketimbang PSBB ketat yang kini tengah berlangsung.

"Karena sifatnya lokal di daerah berdasarkan klaster bisa dilakukan lockdown, kalau Jakarta bisa efektif dibandingkan PSBB ketat," tutupnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memerintahkan kepala daerah untuk menerapkan mini lockdown. Kebijakan yang dimaksud Jokowi intervensi berbasis lokal dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Jokowi menuturkan, intervensi berbasis lokal atau pembatasan sosial berskala mikro (PSBM) lebih efektif dalam mengendalikan penularan virus.

Baca Juga

Bantu Warga di Tengah Pandemi COVID-19, PMII Bagikan 1.000 Paket Sembako

Intervensi berbasis lokal Jokowi ini misalnya di tingkat RT, RW, kantor, atau pondok pesantren yang dianggap lebih efektif menekan angka penularan. (Asp)

Kredit : asropihs


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH