PDIP Minta Kejagung Telusuri Aktor Intelektual Kasus Jiwasraya Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.

MerahPutih.com - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hendrawan Supratikno meminta Kejaksaan Agung menelusuri aktor- aktor intelektual yang mendesain persekongkolan jahat terkait kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya.

"Kejaksaan sebagai penegak hukum juga harus berani bergerak ke sektor hulu, menuju aktor- aktor intelektual yang mendesain persekongkolan jahat ini," kata Hendrawan kepada wartawan, Rabu, (26/2).

Baca Juga

Kejagung Periksa 27 Pemilik Saham Jiwasraya

Menurut Hendrawan informasi dari tersangka Benny Tjokrosaputro bisa digunakan untuk menelusuri persengkongkolan yang terjadi di PT Jiwasraya.

"Info awal dari Benny Tjokrosaputro bisa digunakan," ujar Hendrawan.

Hendrawan
Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hendrawan Supratikno

Sebelumnya, Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro mengaku keterlibatan sahamnya dalam kasus Jiwasraya hanya sekitar dua persen.

"Yang jelas di Jiwasraya mungkin cuma 2 persen atau kurang dari 2 persen," kata Benny ketika ditemui di Gedung Bundar, Kompleks Kejagung, Jakarta Selatan, kemarin.

Baca Juga

PKS Harap Kejagung Tak Tebang Pilih Usut Kasus Jiwasraya

Ketika ditanya apakah dengan nominal dua persen itu berarti perusahaannya tidak terlibat dalam kasus tersebut, Benny meminta wartawan melakukan analisis sendiri.

Ia pun membeberkan sejumlah emiten yang diduga terlibat dalam transaksi Jiwasraya.

"Anda analisa sendiri. Ada 97 emiten swasta dan 27 emiten BUMN. Hanson cuma 2 persen," ungkapnya.

Tersangka dugaan korupsi Jiwasraya Benny Tjokrosaputro
Tersangka dugaan korupsi Jiwasraya Benny Tjokrosaputro kembali diperiksa Kejagung (Foto: antaranews)

Kejaksaan Agung hingga saat ini telah menetapkan status tersangka terhadap enam orang dalam penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Baca Juga

Benny Tjokro Laporkan Dirut Jiwasraya ke Polda Metro Jaya

Keenamnya adalah Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro, Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) Heru Hidayat, mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Harry Prasetyo, mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim dan mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan PT Jiwasraya Syahmirwan dan Direktur PT Maxima Integra Joko Hartono Tirto. (Pon)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH