PDIP Minta Anies Siap Hadapi Lonjakan Kasus Corona di Jakarta Tangkapan layar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan grafik kasus COVID-19, Selasa (19/5/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Merahputih.com - Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan Gilbert Simanjuntak meminta Gubernur Anies Baswedan untuk bersiap menghadapi kemungkinan lonjakan kasus positif COVID-19 tiga hingga empat pekan mendatang.

Peringatan itu diucapkan lantaran banyak masyarakat yang berkerumun tanpa jarak dan masker menjelang hari raya idul Fitri.

Baca Juga:

Bilik Isolasi Tanah Abang Dihuni 3 Pasien Positif Corona

"Harus diantisipasi kemungkinan lonjakan kasus sekitar 3-4 minggu setelah tanggal 23 Mei," kata Gilbert di Jakarta, Selasa (26/5).

Grafik kepatuhan saat penanggulanan COVID-19. (Foto: MP/Asropih)
Grafik kepatuhan warga saat penanggulanan COVID-19. (Foto: MP/Asropih)

Gilbert meminta Anies tidak mengingatkan warga DKI untuk patuh terhadap peraturan seperti yang dilakukannya di hadapan media massa. Namun, perlu ada pengawasan yang tegas agar masyarakat benar-benar taat dan patuh.

"Masyarakat Indonesia di luar negeri bisa tertib, dan WNA di Indonesia berubah tidak tertib karena semua karena ada aturan yang tegas," jelasnya.

Baca Juga:

Dibanding Tahun Lalu, Kendaraan yang Keluar dari Jakarta Via Tol Turun 61 Persen

Sebab, menurut Anggota DPRD DKI Jakarta Komisi B ini, imbauan dan seruan saja tak cukup untuk menerapkan aturan mengenai penanggulangan dan penanganan corona. Anies, lanjut dia, harus turun ke lapangan dan tegas dalam menjalankan aturan.

"Imbauan atau kata-kata saja tidak cukup, tetapi masyarakat harus dididik," tutupnya. (Asp)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH