PDIP Jamin Takkan Dikte Jokowi Pilih Dewan Pengawas KPK, Cuma Kasih 'Garis' Presiden Joko Widodo seusai menyaksikan pentas #PrestasiTanpaKorupsi di SMK 57 Jakarta, Senin (9/12) (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

MerahPutih.com - PDIP memastikan parpol tak akan ada mendikete dan ikut campur dalam memilih Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang bakal ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). Alasannya, pemilihan Dewas KPK murni ranah eksekutif.

"Presiden akan melakukan pertimbangan terbaik, karena bagaimanapun juga korupsi merupakan kejahatan kemanusiaan," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Jakarta, Kamis (12/12).

Baca Juga:

Jokowi Masih Rahasiakan Seleksi Nama-Nama Dewan Pengawas KPK

Hasto Kristiyanto menambahkan PDIP hanya memberikan garis politik bagi Jokowi sebagai bagian dari kader partai besutan Megawati Soekarnoputri itu.

“Kami hanya memberikan garis politik bahwa KPK punya misi khusus untuk memberantas korupsi tapi melalui pencegahan untuk mendorong kerjasama dengan seluruh aparat penegak hukum,” papar dia.

Hasto PDIP
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: merahputih.com/Fadli)

Menurut Hasto, PDIP percaya Jokowi menempatkan orang-orang terbaik untuk menempati jabatan Dewas KPK. Dia mengingatkan agar penunjukan Dewas KPK bebas intervensi politik.

“Karena KPK dengan kewenangan yang begitu besar juga memiliki tanggungjawab untuk menegakkan hukum tidak holeh ada intervensi kepentingan politik. Di masa lalu pernah disalahgunakan. Karena itu kami percayakan kepada bapak presiden,” tutup petinggi partai Banteng itu.

Baca Juga:

PDIP Wanti-Wanti Wadah Pegawai KPK Jangan Kebakaran Jenggot

Untuk diketahui, Presiden Jokowi akan menetapkan Dewan Pengawas KPK terdiri dari lima orang yang akan dilantik berbarengan dengan pelantikan pimpinan KPK periode 2019-2023 pada 21 Desember mendatang. Sesuai UU Nomor 19 Tahun 2009 tentang KPK, dewan pengawas periode pertama akan dipilih langsung oleh Jokowi.

Meski begitu, Jokowi tak merinci siapa saja sosok yang akan menjadi Dewan Pengawas lembag antirasuah itu. Nantinya, dewan pengawas akan diumumkan bersamaan dengan pelantikan Komisioner KPK periode 2019-2023 pada Desember 2019. Presiden hanya memastikan Dewas KPK harus memiliki jejak yang baik, mulai dari pengalaman hukum hingga pidana. (Knu)

Baca Juga:

Mahfud MD Ungkap Dewan Pengawas KPK Akan Dipilih Lewat Tim Seleksi


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH