PDIP: Isu Kebangkitan Komunis untuk Jatuhkan Jokowi TB saat diskusi bertajuk "Kebangkitan PKI: Isu atau Realitas?" di Balai Sarwono, Jakarta Selatan, Rabu (14/6). (MP/Ponco Sulaksono)

Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) TB Hasanudin menyebut bahwa kebangkitan komunis tidak ada. Ia menilai, isu tersebut digaungkan kembali untuk menjatuhkan Presiden Joko Widodo.

"Kalau dari kasus-kasus itu, mulai dari awal sebelum Pilpres (2014) saya lihat sasarannya adalah menjatuhkan Pak Jokowi," ujar TB saat diskusi bertajuk "Kebangkitan PKI: Isu atau Realitas?" di Balai Sarwono, Jakarta Selatan, Rabu (14/6).

Menurutnya, PDIP sudah mempelajari dan melakukan penyelidikan. Hasil penyelidikan di lapangan menemukan bahwa isu kebangkitan komunis itu tidak ada.

"Kami konsen bahwa kalau ada kebangkitan komunis selesaikan saja secara hukum," tukasnya.

Anggota Komisi I DPR ini menuturkan, jika ada kader PDIP yang mencoba mendukung atau berupaya membangkitkan ideologi komunis, agar masyarakat tidak ragu-ragu melaporkan kepada pihak yang berwajib.

"PDIP ini adalah partai nasionalis yang berlandaskan pada UUD 45, Pancasila dan ajaran Bung Karno, bukan ajaran komunis," tegasnya.

Menurut TB, isu kebangkitan komunis dihembuskan oleh pihak yang memiliki kepentingan untuk menjatuhkan pemerintah. Ia juga menyebut, isu tersebut bertujuan untuk menggagalkan rekonsiliasi.

"Jadi ini menyangkut politik, arahnya dibuat sedemikian rupa untuk menyerang lawan politik. Dan yang kedua, dalam konteks menggagalkan rekonsiliasi," katanya.

"Saya kira masyarakat harus cerdas. Jangan mengembangkan isu-isu yang tidak ada dan tidak benar," pungkas Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat ini. (Pon)

Baca juga berita lain terkait komunisme di Indonesia dalam artikel: Amien Sebut Kemunculan Komunis Indonesia Disokong Kekuatan Internasional



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH