PDIP: Indonesia Lahir Sebagai Bangsa Pejuang, Pelopor dan Merdeka Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.pimpin HUT RI di DPP PDIP (MP/Ponco)

MerahPutih.com - Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia di markas DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Dalam pidatonya, dia menyampaikan bahwa Indonesia lahir sebagai bangsa pejuang, pelopor dan merdeka. Untuk itu, kata dia, peringatan HUT ke-73 RI ini dirayakan dengan penuh khidmat, dan penuh dengan semangat nasionalisme yang berdebar-debar.

"Pada hari ini kita kembali diingatkan oleh apa yang disampaikan Bung Karno, Proklamator dan bapak bangsa kita sebelum membacakan teks proklamasi 17 Agustus tahun 1945 untuk berani meletakan nasib bangsa, tanah air di tangan kita sendiri," kata Hasto di hadapan ratusan kader PDIP.

Pasalnya, kata Hasto, hanya bangsa yang berani meletakan nasib ditangan dan diatas kaki sendiri yang membuat semangat menjadi bangsa pejuang, bangsa yang tidak akan menyerah dengan bangsa lain.

peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia di markas DPP PDIP, Lenteng Agung (MP/Ponco)

Pada awal kemerdekaan, ujar Hasto, kita telah melahirkan gagasan besar tentang masyarakat indonesia yg adil dan makmur. "Tentang kepeloporan indonesia untuk mendorong perjuangan kemerdekaan abadi bagi segala bangsa," tegas dia.

Menurut Hasto, bangsa Indonesia juga mewarisi pemikiran Bung Karno tentang Indonesia raya, Indonesia merdeka, trisakti, ekonomi, pendidikan dan kebudayaan nasional yakni tentang bagaimana Indonesia membangun sebuah tatanan dunia baru berdasarkan Pancasila.

"Semua pemikiran itu didedikasikan Bung Karno bagi bangsa dan negara, hasilnya pada tahun 1955 kita jadi bangsa pelopor, bangsa pemimpin di antara bangsa Asia Afrika," ucap dia.

Pada periode itu, lanjut Hasto, bangsa Indonesia begitu aktif mewarnai dinamika politik dunia berdasarkan politik luar negeri yang bebas dan aktif. "Itulah kepeloporan indonesia dan itulah sumbangsih indonesia kepada dunia," pungkas Hasto. (Pon)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH