PDIP Gelar Rakernas Tertutup di Bali, Bahas Apa Ya?

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 23 Februari 2018
PDIP Gelar Rakernas Tertutup di Bali, Bahas Apa Ya?
Megawati Soekarnoputri saat berada di Kantor DPP PDIP, Jakarta. (MP/Dery Ridwansah)

MerahPutih.com - PDI Perjuangan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III yang dilakukan secara tertutup, pada 23-25 Februari, di Grand Inna Beach Hotel, Bali.

Acara pembukaan Rakernas tersebut dijadwalkan akan dihadiri Presiden Joko Widodo pada Jumat (23/2) pukul 14.00 WITA di Grand Inna Bali Beach, namun tertutup bagi media.

Sementara itu penutupan Rakernas dilakukan pada Minggu (25/2) pukul 11.30 WITA dan dilakukan terbuka karena akan disampaikan beberapa rekomendasi hasil Rakernas.

Seperti dilansir Antara, salah satu agendanya merumuskan dan memantapkan strategi pemenangan Pilkada serentak 2018, Pemilu Legislatif, dan Pemilu Presiden 2019.

Dijadwalkan pengurus DPP PDI Perjuangan dan panitia Rakernas akan menggelar diskusi dan konferensi pers di sela-sela acara Rakernas yang berlangsung tertutup itu. Hal itu dilakukan untuk memberikan perkembangan yang terjadi di dalam pembahasan Rakernas.

Diskusi tersebut akan menghadirkan beberapa tokoh antara lain Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Tengah nonaktif Ganjar Pranowo, calon wakil gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarnoputri, calon gubernur Jawa Barat TB. Hasanuddin, dan calon gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDI Perjuangan tidak akan membahas kandidat calon presiden dan calon wakil presiden di Pemilu Presiden 2019.

"Rakernas belum akan mengumumkan pasangan calon presiden dan wakil presiden. Pernyataan ini penting, mengingat ada kecenderungan pemberitaan, oleh media tertentu, yang melakukan framing, sesuai agenda politiknya, namun seringkali merahasiakan narasumbernya," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (20/2).

Hasto mengatakan Rakernas III PDI Perjuangan bertujuan memberikan sumbangsih terhadap bangsa terkait konsepsi pembangungan yang berdiri diatas kaki sendiri atau Berdikari.

"Selain membahas pelaksanaan pilkada serentak, konsolidasi partai dalam rangka Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019, hal-hal berkaitan dengan konsepsi pola pembangunan berdikari mendapat porsi pembahasan yang sangat besar," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya di Bali, Kamis.

Hasto menjelaskan Rakernas III PDI Perjuangan mengambil tema Pola Pembangunan Berdikari untuk Indonesia Raya, tema itu sengaja dipilih guna memberikan arah terhadap prioritas pembangunan bangsa dan negara. (*)

#Hasto Kristiyanto #PDIP
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan