PDIP Berharap Presiden Jokowi Pilih Menteri yang Tulus Bekerja dan Tidak Ambisius Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: merahputih.com/Fadli)

MerahPutih.Com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih dan mendapatkan menteri-menteri terbaik.

"Kita doakan agar Pak Jokowi bisa mencari pembantu yang baik, mencari menteri yang tidak pakai topeng hanya untuk memperebutkan jabatan itu. Hanya untuk jabatan, hanya untuk pamer," kata Hasto kepada wartawan dalam acara tasyakuran pelantikan Jokowi-Ma'ruf di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (20/10).

Baca Juga:

Nobar Pelantikan Presiden, Puluhan Relawan Kenakan Kaus dan Kemeja Ala Gibran

Menurut Hasto, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengingatkan menteri-menteri yang dipilih Jokowi harus menjaga nama baik semua pihak serta negara.

Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin diharapkan pilih menteri yang tidak ambisius
Presiden Jokowi didampingi Wapres KH Ma'ruf Amin memberikan keterangan kepada para wartawan di Gedung DPR (MP/Rizki Fitrianto)

Selain itu, Hasto mengatakan para menteri nantinya tidak boleh saling menjegal satu sama lain. Dia mengingatkan para menteri agar berfokus pada pekerjaan saat ini, bukan hal lain seperti Pilpres 2024.

"Menjadi menteri bukan pegawai biasa. Jadi nggak perlu susah payah repot-repot apalagi saling menjegal satu sama lain. Menjadi menteri adalah pembantu presiden," ucap Hasto.

Hasto menyebut Jokowi membutuhkan kabinet yang solid, profesional dan memiliki kepemimpinan yang kuat. Dia mengatakan para menteri juga harus memahami kondisi rakyat Indonesia.

"Kita tahu Pak Jokowi kerjanya 24 jam. Jadi menteri harus paham uji tahan banting. Kalau Pak Jokowi minum temulawak satu gelas, menteri harus minum 2 gelas temulawak. Itulah mnejaga jiwa dan raga karena itulah minuman sehat asli dari nenek moyang kita," sebut Hasto.

Ia juga meminta masyarakat untuk menunggu pengumuman resmi dari presiden.

"Tunggu saja pengumuman dari Presiden. Yang jelas kita tunggu saja," ujarnya.

Hasto mengatakan, terkait pos menteri di bidang ekonomi, partainya menyiapkan orang-orang profesional yang dinilai mampu mengemban tugas serta memahami berbagai hal di kementerian yang dipimpinnya.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Umumkan Kabinet Kerja Jilid II Besok Pagi

Selain itu menurut dia, terkait postur kabinet, PDIP mengikuti perintah konstitusi dan UU kementerian yang membuat hal-hal pokok terkait tugas kehidupan berbangsa dan bernegara.

Secara khusus Hasto mengingatkan bahwa Presiden Jokowi dalam lima tahun kedepan memiliki visi untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai skala prioritas.

"Dan dari sana, kita melangkah maju dengan menggunakan seluruh potensi yang kita miliki sebagai bangsa," pungkasnya.(Knu)

Baca Juga:

Harapan Ketiga Anak Jokowi Usai Sang Ayah Dilantik Jadi Presiden Periode Kedua



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH