PDIP Berharap Idulfitri Jadi Momentum Perkuat Solidaritas Hadapi COVID-19 Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.Com - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto berharap perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah dapat menjadi momentum untuk memperkuat solidaritas menghadapi Covid-19.

"Di hari kemenangan yang fitri ini, terbangunlah sebuah momentum solidaritas nasional yang memperkuat semangat gotong-royong untuk saling memaafkan, saling berbagi dan berbela rasa," ujar Hasto dalam keterangan tertulis, Minggu (24/5).

Baca Juga:

Pemprov DKI Peringatkan Warga Disiplin Berlebaran di Rumah

Hasto menuturkan, puasa sebulan penuh telah menjadi benteng rohani yang menggembleng jiwa raga bangsa Indonesia.

Karena itu, hari raya Idul Fitri diharapkan dapat memperkuat gotong royong nasional untuk melawan virus corona.

"Selama satu bulan penuh, Baitul Muslimin PDI Perjuangan telah mengadakan Ngaji Bamusi dan juga menyampaikan pesan-pesan Bung Karno tentang Islam," ungkap dia.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I sekaligus HUT Ke-47 PDIP, Jumat (10/1). (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, tidak ada open house untuk merayakan lebaran di rumah Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Dalam lebaran kali ini, usai menjalankan salat Id di rumahnya, Jalan Teuku Umar, Menteng, Megawati hanya berkumpul bersama anak-anaknya.

Hasto mengatakan, meski tetap berkumpul dengan anak-anaknya, penerapan protokol kesehatan ketat tetap dilakukan di kediaman Megawati guna mematuhi aturan yang telah diimbau sebelumnya oleh pemerintah.

"Di dalam merayakan Idul Fitri tersebut, Ibu Megawati Soekarnoputri berkumpul bersama putra-putri beliau, dan memenuhi seluruh ketentuan pemerintah berkaitan dengan protokol pencegahan COVID-19," ujar Hasto.

Tak hanya menerima kunjungan dari anak-anaknya, menurut Hasto, Megawati turut mendapat ucapan hari raya lainnya dari seluruh fungsionaris DPP PDIP melalui sarana video teleconference.

"Seluruh fungsionaris DPP juga mengucapkan selamat Idul Fitri kepada Beliau dari rumah masing-masing. Kami mengucapkan terima kasih atas seluruh ucapan Idul Fitri yang disampaikan kepada Ibu Megawati," ucap Hasto.

Meski dijalankan dalam situasi yang serba prihatin di tengah suasana pandemi corona, Hasto meyakini perayaan Idul Fitri kali ini dapat menjadi sebuah momentum solidaritas nasional dalam memperkuat semangat gotong royong bersama.

"Puasa sebulan penuh yang dijalankan umat Islam telah menjadi benteng rohani yang menggembleng jiwa raga bangsa Indonesia, dan di hari Idul Fitri ini kita perkuat gotong royong nasional untuk melawan virus corona," ungkap Hasto.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: FBI Tangkap Bill Gates Karena Tuduhan Teror Biologis

Selain menjadi ranah perbaikan diri, Hasto menilai, momentum lebaran kali ini turut membangun persaudaraan nasional yang menyatukan seluruh elite politik.

"Idul Fitri menjadi momentum berhalal bi halal, momentum membangun persaudaraan nasional yang menyatukan elite politik dari konflik dan momentum kebersamaan rakyat. Kini Idul Fitri telah hadir sebagai hajat bangsa yang penuh dengan pesan keagamaan dan kebudayaan," pungkasnya.(Knu)

Baca Juga:

Berkah Idulfitri, Ribuan Napi Terima Remisi



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH