PDIP Belum Tetapkan Calon untuk Pilgub Jabar 2018 Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: MerahPutih/Muchammad Yani)

MerahPutih.Com - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristianto mengatakan PDIP belum mengambil keputusan terkait calon yang akan diusung di Pilgub Jawa Barat 2018 mendatang.

Ia menjelaskan, partainya baru menjalin komunikasi politik yang intens dengan sejumlah pihak termasuk dengan calon yang diusung Golkar, Dedi Mulyadi.

"Sampai saat ini kami belum memutuskan posisi politik yang kami ambil sebagai partai yang oleh rakyat, oleh masyarakat Jawa Barat dipercaya menjadi pemenang pemilu pada 2014," jelasnya kepada awak media di DPP PDIP Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (13/8).

Sejatinya, kata Hasto, sebagai partai pemenang pemilu di Jawa Barat, PDIP mempunyai legalitas untuk mencalonkan cagub sendiri. Namun, sambungnya, untuk menjaring suara dari bawah, PDIP harus menyerahkan kepada suara rakyat.

"Tapi harapan dan keinginan politik kami dibatasi oleh kehendak rakyat. ketika kami mensurvei kader-kader kami dalam elektabilitas dan kami dorong untuk menang itu ternyata dari sisi elektabilitas mengharuskan kami bekerjasama dengan kekuatan partai politik lain tentu saja di situlah kami akan bicara posisi politik yanga terbaik. Bisa sebagai gubernur, bisa sebagai wakil gubernur," terangnya.

Untuk itu, Hasto menegaskan belum mengambil keputusan resmi terkait hal itu.

"Kami akan melihat realitas dan dinamika politik yang disuarakan oleh masyarakat, oleh rakyat. Keputusan belum diambil tapi dialog-dialog intens dengan Golkar kami akui memang kami lakukan," tandasnya.

Sebelumnya, PDIP menyatakan tidak akan mengusung Ridwan Kamil dalam Pilgub Jawa Barat 2018. Disebabkan, Ridwan Kamil sudah menyatakan diri akan maju sebagai calon gubernur dengan dukungan Partai Nasdem.

Hasto menuturkan saat ini partainya tengah membangun komunikasi intensif dengan Partai Golkar untuk mengusung Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi sebagai cagub Jabar 2018. (Fdi)

Baca juga berita lain terkait Pilgub Jawa Barat 2018 di: PDIP Tolak Usung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018



Luhung Sapto

YOU MAY ALSO LIKE