PDIP Ancam Dalang Temuan Ribuan Formulir C1 Palsu di Menteng

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 09 Mei 2019
PDIP Ancam Dalang Temuan Ribuan Formulir C1 Palsu di Menteng
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (MP/Budi Lentera)

Merahputih.com - Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto menyebut jika ditemukan pidana dalam kasus temuan salinan formulir C1 yang yang diduga palsu, polisi harus menangkap para pelakunya dan dalang di baliknya.

Menurut Hasto, apa yang mereka lakukan jelas-jelas menggangu dan memancing kontroversi. UNtuk itu, lanjut dia, perlu ada sanksi dan ancaman yang tegas kepada para pemain di balik kasus temuan ribuan formulir C1 palsu di kawasan Menteng tersebut.

"Ada upaya-upaya mencoba mengganggu dari seluruh kredibilitas dari penyelenggara pemilu. Mereka yang menciptakan C1 palsu akan berhadapan dengan aparat penegak hukum dan rakyat," ujar Hasto dalam keterangannya, Kamis (9/6).

BACA JUGA: Sopir Taksi Online Sudah Bocorkan Siapa Pemesan Order Formulir C1 Palsu

Hasto menilai, dibutuhkan situasi politik yang kondusif agar KPU bisa menjalankan proses rekapitulasi secara baik dan benar.

"Kita tidak boleh memberi toleransi terhadap berbagai upaya dan gerakan yang menghasut rakyat, menciptakan provokasi yang mengganggu ketentraman dan keamanan kita," ujar Hasto.

Form C1
Form C1 yang diamankan polisi (MP/Kanugraha)

Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Pusat mengamankan dua kardus berisi formulir C1 asal Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Berkas itu diduga palsu di mobil Daihatsu Sigra.

Bawaslu belum bisa memastikan apakah form C1 tersebut asli atau hanya salinan. Pihaknya masih dalam proses investigasi dan penelusuran lebih lanjut. (Knu)

#PDIP #Komisi Pemilihan Umum #Pemilu 2019
Bagikan
Bagikan