PDI Perjuangan Raih 30 Kursi DPRD Solo, Demokrat dan PPP Terlempar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Jawa Tengah menetapkan 45 anggota DPRD Solo periode 2019-2024 dalam rapat pleno terbuka. (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - PDI Perjuangan kembali menunjukkan dominasinya dalam perebutan kursi DPRD Solo periode 2019-2024. Di bawah komando Ketua DPC yang juga Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, partai berlambang banteng moncong putih itu meraih 30 suara dan menjadi pemegang anggota mayoritas.

Kepastian dominasi PDIP itu ditetapkan dalam rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Solo, Jawa Tengah pada Senin (12/8).

Baca Juga: Efek Jokowi, PDIP Kuasai DPRD Solo

PDI Perjuangan berjaya dengan perolehan 30 kursi dan PKS lima kursi. Sedangkan Gerindra, Golkar, dan PAN masing-masih memperoleh tiga kursi. Terakhir PSI mendapatkan satu kursi.

Ketua KPUD Solo Nurul Sutarti
Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti. (MP/Ismail)

Ketua KPU Solo Nurul Sutarti, mengatakan hasil rapat pleno tersebut ada tiga parpol yang wakilnya terlempar dari kursi legislatif. Ketiga parpol tersebut, yakni Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

"Pada Pileg 2014, Partai Demokrat mendapatkan tiga kursi di DPRD Solo. Sementara PPP dan Hanura masing-masing dapat satu kursi. Pileg tahun ini ketiganya terlempar dari DPRD Solo," kata Nurul pada MerahPutih.Com di Solo, Senin (12/8).

Nurul mengatakan DPRD Solo periode 2019-2024 hanya dihuni enam parpol dari sebelumnya sembilan parpol. Keenam parpol tersebut, yakni PDIP, Golkar, PKS, PSI, PAN, dan Gerindra. Ketidak lolosannya PPP, Hanura, dan Demokrat secara otomatis komposisi fraksi di DPRD Solo berubah.

"Kami setelah ini mengusulkan pelantikan 45 anggota DPRD terpilih ke Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo melalui Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo," kata dia.

Rapat Pleno terbuka KPUD Solo terkait penetapan anggota DPRD Solo
KPUD Solo menggelar rapat pleno terbuka penetapan anggota DPRD Solo periode 2019-2024 di Solo, Senin (12/8) (MP/Ismail)

Baca Juga: Modal Mayoritas di DPRD, PDIP Solo Tawarkan Gibran Jadi Kader untuk Maju Pilwalkot

Ia menambahkan masa jabatan anggota DPRD Solo 2014-2019 habis tanggal 14 Agustus. KPU kemudian mengusulkan pelantikan 45 anggota DPRD terpilih periode 2019-2024, Rabu (14/8). Berkas administrasi pelantikan juga sudah beres.

"Persyarakatan pelantikan yang paling penting adalah menyerahkan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) ke KPK. Ini sebagai upaya pencegahan korupsi," tutup Nurul Sutarti.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga: PSI Bikin Kejutan di Kampung Jokowi, Petugas Satpam Lolos Jadi Anggota DPRD Solo



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH