Pemilu 2019

PDI Perjuangan dan Partai Demokrat Terbelah Tanggapi Pernyataan Wiranto Soal Perusakan Atribut

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 18 Desember 2018
 PDI Perjuangan dan Partai Demokrat Terbelah Tanggapi Pernyataan Wiranto Soal Perusakan Atribut
Menko Polhukam Wiranto (Dok. Sekretariat Kabinet)

MerahPutih.Com - Perusakan baliho partai Demokrat di Pekanbaru, Riau mendapat perhatian khusus Menko Polhukam Wiranto. Dia bahkan langsung memerintahkan pihak kepolisian mengusut tuntas aksi premanisme tersebut.

Dalam beberapa hari, sejumlah pelaku perusakan pun diringkus dan diperiksa intensif Polda Riau.

Di Jakarta, Mantan Panglima ABRI mengeluarkan pernyataan kontroversial, dia menyebut pelaku perusakan adalah oknum kader PDIP dan Partai Demokrat.

1. Tanggapan dan Sikap Demokrat Atas Pernyataan Wiranto

Menyimak pernyataan Wiranto, Partai Demokrat tidak terima dan mengesankan bahwa pernyataan itu mengada-ngada dan asal jeplak.

SBY dan atribut Partai Demokrat yang dirusak
SBY tinjau lokasi pengerusakan bendera dan baliho Partai Demokrat di Jalan Sudirman, Pekanbaru, Riau. Foto: Twitter/@AndiArief_

Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sendiri mengaku kecewa terkait pernyataan Wiranto. Hal itu disampikannya melalui akun Twitter pribadinya.

"Sore ini, Senin 17 Des 2018, saya baru tiba dari Pekanbaru, Riau. Saya baca pernyataan Menko Polhukam Wiranto dari media online. Maaf, saya punya pendapat yg berbeda dgn Pak Wiranto (pemerintah). Perbedaan pendapat ini bukan kejahatan. Ini hak warga negara," tulis @SBYudhoyono, Senin (17/12).

Bahkan, kabarnya hari ini, Selasa (18/12) SBY mengumpulkan jajaran guna menyikapi pernyataan Wiranto.

2. PDI Perjuangan Sebut Wiranto Belum Beri Jawaban

Berbeda dengan Demokrat, Sikap PDI Perjuangan cukup terbuka, PDIP meminta agar Wiranto menyebut nama pelaku dan tidak hanya oknum partainya.

"Nggak usah sebut oknum-oknum, sebutkan aja nama," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, di DPP PDIP Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/12).

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers kepada awak media di Jakarta (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

Hasto mengakui, sudah meminta klarifikasi soal itu kepada Wiranto namun belum ada jawabannya. Dia pun belum mau bersikap jika betul pernyataan Wiranto adalah fakta.

"Ya kami masih minta klarifikasi dulu. Jadi sebelum kami menyampaikan pendapat ke publik, ya kami bertanya. Pak Wiranto kebetulan saya kontak, tapi oleh beliau belum dijawab," tutur Hasto.

Sebelumnya, Wiranto menyebut oknum perusakan atribut Partai Demokrat di Pekanbaru, Riau pada Sabtu (15/12), dilakukan kader PDIP dan Partai Demokrat.

"Nah, ternyata dari Pak Kapolri (Tito Karnavian) cepat sekali mengusut itu, ternyata memang perbuatan oleh oknum-oknum tertentu, dari partai tertentu, baik PDIP maupun Demokrat ada. Oknum itu sudah ditangkap," kata Wiranto di Kantornya, Jakarta Pusat, Senin (17/12) kemarin.

Wiranto menyebut motif pelaku hanya ingin mendapatkan pujian. Sehingga, dirinya tidak habis pikir dan menyesalkan terjadinya peristiwa itu, karena mencoreng semangat demokrasi Indonesia yang sudah berjalan aman dan damai.(Fdi)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Nikah Massal Tahun 2018, Pemprov DKI Sasar Pasangan Nikah Sirih

#PDI Perjuangan #Partai Demokrat #Wiranto #Susilo Bambang Yudhoyono #Pemilu 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan