PBNU Tak Ikut Aksi Bela Palestina Versi MUI

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 15 Desember 2017
PBNU Tak Ikut Aksi Bela Palestina Versi MUI
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) saat pernyataan sikap bersama tokoh lintas agama terkait klaim Donald Trump. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

MerahPutih.com - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyatakan tidak akan ikut aksi bela Palestina yang digagas Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Kawasan Monas dan Kedutaan AS, Minggu (17/12) mendatang.

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj mengatakan, meski tidak akan turun dalam aksi unjuk rasa tersebut, namun dia tidak melarang nahdliyyin yang akan ikut serta.

"Boleh dong ikut, masa enggak boleh. Tapi agar tidak memakai simbol NU," kata Said Aqil usai menggelar pertemuan dengan tokoh lintas agama di Kantor PBNU, Jakarta, Jumat (15/12).

Menurut Kiai Said, peran pemerintah Indonesia mendorong negara-negara Islam dalam pertemuan luar biasa OKI sudah cukup mewakili sikap rakyat Indonesia.

"Kita hanya perlu memperkuat apa yang sudah dilakukan Bu Retno dan Pak Jokowi. Kalau diperlukan kita (PBNU) juga siap turun," ujarnya.

Apalagi, lanjut dia, PBNU sudah lebih dulu melakukan aksi unjuk rasa menentang pernyataan Presiden AS Donald Trump di Kedubes AS Jakarta.

"PBNU kan sudah lebih dulu menggelar aksi di depan Kedutaan AS. Kalau pun ada lagi kita akan bikin sendiri," tandasnya.

Sebelumnya, MUI menggagas aksi bela Palestina sebagai respons terhadap pernyataan sepihak Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Aksi yang akan dipusatkan di Monas dan Kedubes AS itu diperkirakan akan dihadiri oleh ribuan umat Islam dari Jakarta, Banten dan Jabar. (Fdi)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Kecam Trump, Ini Sikap Resmi Tokoh Lintas Agama

#Yerusalem #Palestina #PBNU
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan