PBNU: Sikap Trump Merusak Perdamaian Dunia Sekertaris Jenderal (Sekjen) PBNU Helmi Faishal Zaini di Gedung PBNU lantai 8, Jakarta, Kamis (7/12). (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyebut sikap Presiden Amerika Serika Donald Trump yang menyatakan bahwa Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel merupakan suatu tindakan mengacaukan dan merusak perdamaian dunia.

"Sikap itu akan membuat situasi dunia menjadi semakin panas dan mengarah pada konflik yang tak berkesudahan," kata Sekertaris Jenderal (Sekjen) PBNU Helmi Faishal Zaini di Gedung PBNU lantai 8, Jakarta, Kamis (7/12).

PBNU pun mendesak agar Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) segera memberikan dan mengesahkan keanggotaan negara Palestina menjadi anggota resmi lembaga perdamaian dunia tersebut.

"Kita juga mendesak agar PBB memberikan hak yang serata kepada negara palestina sebagai rakyat dan negara yang merdeka," jelasnya.

Helmi juga meminta kepada PBB untuk memberikan sanksi, baik politik maupun ekonomi kepada Israel dan negara lain jika tak bersedia mengakhiri pendudukan terhadap tanah Palestina.

"Kita menyerukan agar negara-negara di Timur Tengah dan OKI (Organisasi Kerja sama Islam) untuk bersatu mendukung kemerdekaan negara Palestina," katanya.

Helmi menyarankan agar pemerintah Indonesia untuk ikut serta dan proaktif dalam membantu problem yang terjadi di Palestina.

"Pemerintah memiliki peran yang sangat strategis dalam untuk menjadi penengah yang bisa memediasi dinamika politik yang tengah terjadi," tutupnya. (Asp)

Baca berita terkait pernyataan Donal Trump lainnya: Ini Pernyataan Presidan Jokowi atas Pengakuan AS Terkait Yerusalem

Kredit : asropih


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH