PBNU Serukan Masyarakat Berbondong-bondong ke TPS

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Sabtu, 30 Maret 2019
PBNU Serukan Masyarakat Berbondong-bondong ke TPS
Ilustrasi: Seorang peserta pemilih surat suara TPS 14 yang mengenakan kursi tengah memasukan surat suara kedalam kotak suara (MP/Rizki Fitrianto)

Merahputih.com - Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas mengajak masyarakat, terutama warga Nahdliyin, untuk berbondong-bondong mencoblos ke tempat pemungutan suara (TPS).

"Seruan agar rakyat berbondong-bondong ke TPS dan pemilih menggunakan hak pilih dalam proses elektoral lima tahunan perlu terus digelorakan, oleh siapapun," katanya dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu (30/3).

Dia menegaskan seruan kehadiran di TPS pada saat hari H pemilu harus betul-betul dimaksudkan agar pesta demokrasi berjalan wajar serta terjadi prinsip pemilu langsung, umum, bebas, rahasia (Luber) dan jujur adil (Jurdil) dapat diwujudkan.

Sikap Luber dan Jurdil, tambahnya tidak hanya perlu dipedomani oleh penyelenggara pemilu tapi juga oleh konstestan dan rakyat selaku pemilik kedaulatan.

Seorang petugas KPPS tengah melayani peserta pemilik hak suara di TPS 45 Kebon Pala Jakarta. Foto: Antara / Widodo S. Jusuf

Seruan ke TPS, sebutnya jangan dimaksudkan untuk mempengaruhi kebebasan calon pemilih menggunakan hak pilihnya, apalagi untuk mengintimidasi secara psikologis agar pemilih memilih pasangan calon tertentu.

"Upaya meraih dukungan calon pemilih sudah harus berakhir pada saat memasuki hari tenang setelah masa kampanye berakhir," kata dia dikutip Antara.

Robikin juga berharap setiap calon pemilih agar dapat menggunakan hak pilih secara bebas sama pentingnya dengan memastikan tidak adanya suara rakyat yang hilang setelah hak pilih digunakan.

"Mewujudkan pemilu damai dan bermartabat adalah tugas setiap warga negara, apalagi stake holder bidang kepemiluan yang di dalamnya termasuk paslon. Jangan ada yang mendelegitimasi proses penyelenggaraan pemilu," lanjut dia. (*)

#Tempat Pemungutan Suara #PBNU
Bagikan
Bagikan